Yamaha Indonesia Menjelaskan Distribusi Eksklusif Mt-07 Di Eropa

Dapurpacu.com, Jakarta – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ini menjadi produsen besar sepeda motor (moge) yang memproduksi Yamaha MT-07. Sayangnya sepeda motor Yamaha belum banyak tersedia di Indonesia; mereka hanya dijual di Eropa.

Dyonisius Beti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM, menyatakan Kawasan Industri Karawang International Industry City (KIIC) di Karawang, Jawa Barat, merupakan tempat produksi mesin MT-07. Sementara perakitan perdana berlangsung di fasilitas perakitan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur.

Sejak September 2023, sepeda motor berukuran besar ini telah diproduksi di YIMM di Indonesia guna memenuhi permintaan pasar Eropa. Awalnya sepeda motor berukuran besar ini hanya diproduksi di Jepang.

Namun, menurut Beti, kendala regulasi dan pajak kendaraan membuat Indonesia enggan memasarkan MT-07 sendiri secara massal.

Memang MT-07 masih menyasar Eropa dan belum dijual di Indonesia. Kalau dari segi skill dan kapabilitas sumber daya manusianya, kami sudah mumpuni untuk memproduksi sepeda motor, ujarnya pada Kamis, 5 Oktober 2023 di Pabrik YIMM Karawang, Jawa Barat. Semakin tinggi cc, semakin tinggi pula pajaknya.

Meski begitu, Beti tetap mengapresiasi karena Indonesia diandalkan sebagai produsen sepeda motor besar untuk Eropa.

“Yamaha MT-07 ini menjadi bukti kemampuan sepeda motor karya anak negeri yang sudah diakui dunia internasional,” kata Beti.

Baca Juga:  Pesan penting Kapolres kepada masyarakat agar selamat mudik lebaran 2023