Wuling Air ev “Made in Cikarang” Terjual Rp 168 Juta di Thailand

DAPURPACU – Wuling Air ev ‘made in Cikarang’ akan dijual di Thailand. Mobil listrik mungil itu akan dijual mulai Rp 168 juta. Thailand bersiap meluncurkan mobil listrik Wuling Air ev. Wuling Air ev yang dijual di Thailand mulai 3 Juli lalu didatangkan langsung dari Indonesia. Kurang dari 400 unit Wuling Air ev “buatan” di Cikarang akan berhenti di Pelabuhan Laut Dalam Laem Chabang sepanjang Juni.

Mengenai harga, mengutip laman MarkLines, Wuling Air ev akan membayar mulai dari 400.000 baht atau jika dikonversi menjadi Rp. 168 juta (1 baht = Rp 421,98). Jika iya, harga Wuling Air ev lebih murah dibandingkan di Indonesia. Sebagai perbandingan, di Indonesia, Wuling Air ev ditawarkan mulai dari Rp. 243 juta, belum termasuk dari subsidi pemerintah sebesar Rp. 21 juta. Tempat termahal dibanderol Rp 299,5 juta sebelum mendapat subsidi Rp 26 juta.

Sayangnya, harganya sudah diketahui persis di awal. Belum diketahui apakah harga Wuling Air ev di Thailand turun berkat bantuan pemerintah setempat. Sekadar informasi, menurut Bangkok Post, Thailand menawarkan subsidi mulai dari 18.000 hingga 150.000 baht per kendaraan listrik. Jika Anda mengubahnya menjadi rupee, bantu di Thailand dari Rp. 8 juta menjadi Rp. 66 juta (1 baht = Rp 444,56).

Dalam skema tersebut, subsidi sebesar 70.000 baht (setara dengan Rp 31 juta) akan diberikan kepada mobil penumpang listrik dengan harga di bawah 2 juta baht (Rp 889 juta) dengan kapasitas baterai 10 dan 30 kWh. .

Kemudian, subsidi sebesar 150.000 baht (Rp66 juta) akan diberikan kepada kendaraan listrik berkapasitas baterai lebih dari 30 kWh, baik yang dirakit di rumah (CKD) maupun CBU. Produsen yang akan mengikuti program tersebut harus menandatangani kontrak dengan Departemen Cukai untuk mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditentukan.

Baca Juga:  Tesla ingin kembangkan Mobil Listrik Murah

Di sisi lain, CEO EV Primus Pitaya Tanadamrongsak mengungkapkan, saat ini pihaknya yang merupakan distributor tunggal Wuling masih mempertimbangkan harga jual Air ev di negeri gajah putih tersebut. “Sesuai rencana peluncuran Wuling Air ev di Thailand, kami akan memulainya awal bulan depan dan saat ini kami sedang mempertimbangkan harga, paket dukungan, dan pengiriman pelanggan,” ujar Pitaya.