Valentino Rossi Menilai Performa Francesco Bagnaia Memburuk Di MotoGP Prancis 2023

Omongan Valentino Rossi soal Francesco Bagnaia terkait penampilan di kualifikasi dan balapan mungkin ada benarnya. Hal itu terlihat di MotoGP Prancis. Valentino Rossi pernah berseloroh soal performa Francesco Bagnaia di musim MotoGP 2023. Kata ‘The Doctor’, Bagnaia akan tampil bagus di balapan bila sesi latihan bebas dan kualifikasinya buruk. Sebaliknya, jika di sesi latihan bebas dan kualifikasi cemerlang, maka hasil balapannya buruk.

“Saya bilang ke dia (Bagnaia) kalau permulaan tidak bagus, saat di latihan buruk, kesulitan saat kualifikasi, bakal bagus. Tapi kalau dia sangat kuat sejak awal, mendapatkan pole dan mendominasi sebelum balapan dia akan terlalu percaya diri dan merusaknya (balapan),” kata Rossi usai balapan di MotoGP Spanyol.

Misalnya di MotoGP Prancis. Bagnaia kala itu menguasai sesi latihan bebas dan juga kualifikasi. Bagnaia masih bisa mentas di sesi Sprint Race dengan menempati posisi ketiga. Sayang, saat di balapan utama dia terjatuh usai bersenggolan dengan Maverick Vinales. Alhasil, Bagnaia harus rela kehilangan poin di MotoGP Prancis.

Sebelumnya, saat di MotoGP Spanyol Bagnaia menempati posisi kelima sesi kualifikasi. Ia justru moncer di Sprint Race dan juga balapan utama. Bagnaia berhasil menempati posisi kedua di Sprint Race dan posisi teratas di balapan utama.

Rossi sendiri juga sempat memberikan saran kepada Bagnaia bagaimana harus menjalani balapan. Kata Rossi, Bagnaia harus bisa lebih bersabar ketika balapan. ‘The Doctor’ beranggapan strategi tancap gas justru tidak disarankan.

“Saya mencoba menjelaskan kepadanya apa yang saya pikirkan, karena saya pikir dia salah. Sulit, karena ketika Anda berada di depan dan jatuh, sulit untuk diatasi,” ucap Rossi di kesempatan terpisah. Bagnaia kini berada di puncak klasemen sementara pebalap MotoGP. Bagnaia berhasil menorehkan 94 poin atau unggul 1 poin dari rekannya sesama akademi Marco Bezzecchi.

Baca Juga:  Motor Kebanggan Dari Motor Indonesia Segway ┬áN90C