Mobil Nasional Vietnam VinFast VF5 Debut Di IIMS 2024

DAPURPACU.COM – Perusahaan mobil nasional (mobnas) Vietnam, VinFast akan melakoni debutnya di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024. Sebagai perkenalan, mereka menghadirkan mobil listrik VinFast VF5. Mobil listrik VinFast VF5 sebelumnya telah meluncur di Vietnam dan beberapa negara di Eropa. Kendaraan nonemisi tersebut kemungkinan besar akan bermain di kelas pemula atau entry level.

Surachman Nugroho selaku Direktur Penjualan dan Jaringan VinFast Indonesia mengklaim, VF5 akan dibanderol cukup terjangkau. Bahkan, harganya masih beririsan dengan salah satu mobil listrik paling terjangkau di Indonesia, yakni Wuling Air ev.

Di Vietnam, VinFast VF5 dibanderol mulai dari 468 juta dong atau sekira Rp 290 jutaan. Belum diketahui pasti, apakah saat dijual di Indonesia nominalnya lebih tinggi atau justru lebih rendah.

“Masuknya VinFast ke Indonesia, akan lebih memberikan warna baru dan juga akan meramaikan pasar elektrifikasi di Indonesia,” kata Surachman Nugroho. Lantas, dengan statusnya yang sebagai mobil listrik entry level, bagaimana spesifikasi VinFast VF5?

Spesifikasi VinFast VF5

VinFast VF5 punya dimensi panjang 3.967 mm, lebar 1.723 mm dan tinggi 1.578 mm. Kendaraan bergaya crossover itu bisa memuat lima penumpang termasuk pengendara.

VF5 dibekali baterai lithium-ion 37.23 kwh yang mampu melaju sejauh 324 km dalam kondisi penuh. Sementara untuk mengisi dayanya dari 10 ke 70 persen hanya memerlukan waktu 30 menit. Soal performa, kendaraan bersuara senyap itu punya tenaga maksimum 134 dk dan torsi puncak 135 Nm.

Beralih ke fitur, VinFast VF5 sudah ditanamkan sejumlah fitur pintar, misalnya seperti instrumen digital dan voice control virtual assistant.

Selain itu, pabrikan juga membekalinya dengan teknologi driver assistance seperti Basic Cruise Monitoring, Rear Traffic Warning, Blind Spot Warning, Rear Parking Assist, dan Emergency Brake Assist.

Baca Juga:  Harga Resmi Mobil Listrik Seres E1 Mulai Rp190 Juta