Alasan Harus Mengganti Oli Motor Atau Mobil

DAPURPACU – Performa mesin sepeda motor harus dijaga dengan baik, seperti halnya jantung. Setiap komponen akan terkena dampak jika ada masalah. Oli, juga dikenal sebagai pelumas, adalah sumber asupan utama mesin untuk pengoperasian yang benar. Pelumasan mesin akan di bawah standar jika oli mesin tidak mencukupi. Dalam praktiknya, hal ini dapat mengakibatkan knalpot sepeda motor berhembus dan suhu mesin yang jauh lebih tinggi. Selain itu, bagian-bagian penting dari mesin seperti silinder, balok, dan ring piston akan rusak dan lebih cepat tergores.

Suzuki Genuine Oil and Chemical (SGO) adalah perusahaan yang memasok pelumas OEM untuk produk-produk Suzuki. SGO akan segera digantikan oleh merek Ecstar, mirip dengan mobil. Hal ini untuk semakin memperkuat jaminan bahwa keawetan mesin akan terjaga.

Oli Ecstar mengatakan bahwa hasil dari lisensi dan pengembangan yang lebih menyeluruh, dan memenuhi persyaratan yang lebih ketat daripada seri SGO sebelumnya. khususnya standar kualitas minyak tertinggi API (American Petroleum Standard). Nantinya, akan ada pilihan spesifikasi SAE yang bisa dipilih konsumen. Berikut DAPURPACU akan memberi tahu kalian 4 fungsi oli bagi mesin.

1. Sebagai Anti Karat

Sebagian besar bagian mesin terbuat dari logam. Akibat kejadian alam, logam berkarat dalam keadaan ini. Selain itu, gesekan adalah sistem kerja utama. Tentunya Anda tidak ingin bagian tersebut berkarat karena dapat membahayakan motor/mobil kalian.

Berkat sistem pelumasan, karat dapat dihindari. Setiap komponen mobil menerima pelumas yang melindungi bagian luar dari kerusakan air dan udara. Itu bergesekan, tetapi pelumas mencegahnya mengembangkan masalah karat.

2. Menambahkan Performa

Oli membuat bagian-bagian mesin tetap terlumasi dan menurunkan gesekan yang berlebihan. Performa mesin secara keseluruhan akan ditingkatkan dengan performa bagian mesin yang baik. Pilih oli yang akan memungkinkan motor Anda berjalan lebih cepat.

Baca Juga:  Konsumsi Bensin Toyota Corolla Cross Hybrid Lebih Irit Dari Avanza

3. Cleaning (Membersihkan)

Pada dasarnya, karena cara kerja mobil/motor, keausan pada bagian gesekannya tidak dapat dicegah. Seseorang hanya dapat mengurangi keausan. Namun, ada kotoran besi yang perlu dibersihkan saat keausan ini meningkat. Pelumas memiliki potensi untuk menghilangkan kotoran besi.

Kotoran besi akan diangkut ke bak mesin atau reservoir oli oleh pelumas yang mengalir. Magnet yang telah dipasang di wadah ini akan menyaring dan mengumpulkan kotoran besi. Karena filter oli digunakan untuk menyaring pelumas sebelum dialirkan ke berbagai komponen mesin, maka kebersihannya juga diperhitungkan.

4. Cooling (Mendinginkan)

Oli dapat bertindak sebagai pendingin pada waktu yang sama. Kenapa begitu? Suhu tinggi dihasilkan dari gesekan antara dua komponen. Namun, panas akan diserap oleh pelumas yang masuk ke bagian ini, memungkinkan pengukur suhu kembali normal dan mencegah masalah panas berlebih.

Anda harus memastikan bahwa selalu ada pelumas yang beroperasi secara optimal di motor terlepas dari semua fungsi sistem pelumasan yang bermanfaat. Sebaiknya periksa oli pelumas secara berkala dan teratur.