Berikut Cara Mengantisipasi Karat Setelah Membeli Sepeda Motor Rangka Honda Esaf

dapurpacu.com – Rangka sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) saat ini sedang dalam tahap pengkajian.

Situasi ini mencuat setelah beberapa video undercarriage skutik Honda yang rusak dan berkarat menjadi viral di media sosial. Bagi konsumen yang sudah memiliki skutik Honda dengan rangka eSAF, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat rangkanya.

Eni Suratno, pemilik Bengkel Las Kaya Teknik di Tangerang, mengatakan kekuatan rangka sepeda motor diukur oleh pabrikan, termasuk rangka eSAF.

Namun kekuatan rangka bisa tiba-tiba hilang jika komponen utamanya mengalami korosi atau karat sehingga membuatnya keropos.

Menurut Suratno, konsumen bisa mengecat bagian untuk mengantisipasi korosi. Namun, metode ini sangat sulit untuk dilewati tanpa alat yang mumpuni.

Benih-benih struktur pada dasarnya muncul dari bagian-bagian yang tidak terkena cat. Serta bagian rangka, serta sambungan las.

“Kalau sudah beli, di dalamnya sudah ada epoxy. Kalau tidak diberi cairan anti korosi seperti oli atau gemuk, semprot saja,” kata Suratno (24/08/2023).

“Berapa lama tidak dihitung. Kalau epoxy bisa bertahan, kalau kering ya. Tapi kalau minyak, makin lama makin rugi, jadi harus rutin,” ujarnya.

Namun, kerangka eSAF standar tidak dapat dimodifikasi menjadi lebih kuat. Sebab, menurut Suratno, frame eSAF memiliki akurasi lebih tinggi dibandingkan frame biasa.

“Plat bawah kanan dan kiri tebalnya 1 mm, kalau saya tambah masing-masing 1 mm jadi 2 mm, jadi totalnya 4 mm. Bodinya tidak masuk lagi, dudukan baterainya menghalangi,” ujarnya.

FYI, eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) merupakan teknologi bingkai yang diluncurkan pada tahun 2019.

Awalnya hanya Honda Genio yang mengusung rangka eSAF. Namun kemudian Beat, Scoopy, hingga Vario 160 juga menggunakan sasis.

Baca Juga:  Komunitas Daihatsu Kunjungi Pabrik Perakitan Langsung di Karawang