Tips Hemat BBM Saat Mudik Lebaran

Menjelang Idul Fitri, banyak orang yang bersiap pulang ke kampung halaman untuk berkumpul kembali dengan orang-orang tercinta. Tanpa bingung, Anda pun akan siap menghadapi kemacetan di jalan raya. Jika Anda kehabisan bensin dengan cepat saat Anda tidak mengemudi dengan baik di jalan raya, Anda akan kecewa.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghemat bahan bakar saat menghadapi gundukan jalan di perjalanan Anda:

dapurpacu.com

1. Masukkan netral saat mobil diam

Jika Anda tidak bergerak saat mesin hidup, Anda membuang-buang bahan bakar. Berlari di lampu lalu lintas adalah cara yang bagus untuk membakar bahan bakar. Perhatikan bahwa memindahkan transmisi otomatis atau manual ke netral akan menyebabkan mesin Anda mati dan mengurangi RPM (putaran per menit). Ini akan menghemat bahan bakar Anda.

2. Matikan mesin saat kendaraan berhenti

Setiap kali Anda ingin berhenti sekitar satu menit, matikan kunci kontak. Tidak perlu setiap lampu merah yang Anda temui, meskipun beberapa ahli menyarankan bahwa jeda 30 detik pun harus dimatikan. Jika sepertinya harus menunggu lama tanpa bergerak, disarankan untuk mematikan mesin mobil

3. Jangan mempercepat mesin saat kendaraan diam

Sulit dipahami mengapa orang sering menginjak pedal, terkadang setiap beberapa detik, menunggu untuk maju. Itu hanya akan menarik perhatian. Pastikan saja mesin tidak menyala saat Anda menunggu terlalu lama untuk lampu merah. Ini akan lebih berguna untuk mobil Anda.

4. Gunakan rem saat mobil berhenti di jalan menanjak

Saat menunggu di lampu lalu lintas atau tanda berhenti di tanjakan, usahakan agar mobil tidak mundur dengan menekan pedal rem seperti biasa. Jangan gunakan kopling atau transmisi otomatis untuk menghindari mundur. Ini memboroskan bahan bakar dan mengganggu mesin.

Baca Juga:  Honda Luncurkan 2 Mobil Listrik, Ngecas Sampai 80 Persen

5. Matikan mesin saat meninggalkan kendaraan

Ada baiknya matikan mesin meski sempat berhenti sejenak sementara Anda masih duduk di kursi pengemudi. Hal ini sangat penting untuk dilakukan saat Anda berhenti dan meninggalkan mobil beberapa saat. Jangan biarkan mesin menganggur saat Anda sedang menelepon, berhenti di toko, atau beristirahat. 6. Temukan tempat parkir dengan cepat

Jika Anda seorang penduduk kota, Anda tahu bahwa hampir tidak mungkin menemukan tempat parkir yang sempurna. Jangan buang waktu dan bahan bakar berkeliaran mencari tempat yang sempurna di tujuan Anda. Pilih setiap prioritas, meskipun itu berarti berjalan beberapa blok.