Penjualan Mobil Listrik Thailand Lebih Besar Dibanding Indonesia

Indonesia tidak hanya akan mengikuti Ocean Games untuk sepak bola, tetapi Indonesia akan terus mengejar Thailand untuk menjadi raja mobil listrik di ASEAN. Indonesia dan Thailand meningkatkan konsumsi listrik, baik dalam produksi maupun penjualan. Sayangnya, untuk saat ini Indonesia masih kalah jauh dari Thailand dalam hal penjualan mobil listrik. Penjualan mobil listrik di negeri gajah putih pada kuartal pertama 2023 ini 8 kali lebih tinggi dari Indonesia.

Menurut Autolife Thailand, penjualan kendaraan listrik pada Januari – Maret 2023 mencapai 14.777 unit. Mobil listrik terkemuka di Thailand adalah produsen mobil China, BYD, yang berhasil menjual 5.580 mobil listrik. Penjualan mobil listrik di Thailand meningkat signifikan di awal tahun 2023. Bahkan, penjualan di tahun 2022 yang mencapai 9.729 mobil, melampaui tiga bulan pertama di tahun 2023. Di sisi lain, penjualan mobil listrik di Indonesia masih tertinggal dari negeri gajah putih tersebut.

Merujuk data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada kuartal I 2023, Indonesia baru bisa menjual 1.780 unit mobil listrik. Di Indonesia, pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, memimpin penjualan mobil listrik yang berhasil menjual 1.019 unit Ioniq 5. Selanjutnya Wuling yang berhasil menjual 539 unit Air ev. Meski kalah lagi dari Thailand, pemerintah Indonesia meningkatkan daya listrik mobil dengan meluncurkan berbagai inisiatif. Salah satunya dengan memberikan subsidi untuk kendaraan listrik.

Baca Juga:  Tampil Perdana, Esemka Langsung ‘Menyengat’ Pengunjung IIMS 2023