Mobil Bluebird Sudah Beroperasi Di Indonesia Pada Tahun 1965

DAPURPACU – Pada tahun 1965 mobil Bluebird sudah beroperasi di indonesia yang digunakan orang orang untuk mengunakan layanan transportasi yang memnggunakan sistem pembayaran menggunakan Argometer. Mobil ini disebut dengan Holden Torana yang pertama kali diproduksi pada tahun 1971 membuat sejarah khusu di dunia otomotif dibidang transportasi umum yang di gunakan sebagai taksi pertama yang dilansir pada pabrikan otomotif di Australia.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan sistem radio yang didukung dengan sistem operator terpusat sehingga Taksi Holden torona dapat beroperasi di Jakarta pada tahyun 1972 yang secara resmi meluncurkan 25 unit armada. Bahkan Torana juga pernah muncul di TV yang berjudul Mana Tahan pada tahun 1979 yang memunculkan blue bird dan Indro yang menjadi supir taksi.

Taksi yang pertama kali terliat dilokasi jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta Selatan. Yang dipajang di Blue Headquarter dalam kondisi mulus dan memiliki plat nomor poliso yang berlaku hingga 2027. Mobil ini memiliki lampu yang bertulisan TAXI berada di bagian atas mobil dan angka 072 yang berada dibagian belakang mobil. Holden Torana juga memiliki warna khas yaitu biru dengan logo yang berada dibagian kiri dan kanan mobil yang membuat mobil ini terlihat sekilas dari luar hampir sama dengan Muscle Car.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan kapasitas 6 silinder dan mesin 2834cc watercooled yang mampu menghasilkan torsi 226,6nm di 2000 rpm serta ditenagai dengan mesin 118 bhp pada putaran 4400 rpm. Holden Torana belum dilengkapi dengan fitur canggih contohnya AC karena mobil ini layaknya mobil jadul yang masih menggunakan alat mekanis kilometer untuk menghitung ongkos saat menarik.

Mobil ini memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan yang tercantum Holden Torana yang dimiliki oleh Perusahaan Blue Bird Taxi dengan nomor plat B 72 BGG Untuk yang dipajang oleh kantor untung mempromosikan perusahaannya. Rincian pajak mobil ini hanya 10,7 juta pertahunnya yang terdiri dari PKB, SWDKLLJ, Biaya Administrasi STNK, Biaya Administrasi TNKB. Unit yang terpajang dan menghiasai lobi di kantor pusat Bluebird yang merupakan unit pertama yang dipamerkan di Museum Jakarta Timur, tepatnya di Dapartemen Perhubungan.

Baca Juga:  Veloz Dan Raize Di-Recall Di Filipina Gimana Di Indonesia?