Mitsubishi Akan Meluncurkan Mobil Listrik eK X EV di GIIAS2

DAPURPACU – Mitsubishi Motors Corporation (Mitsubishi Motors) kembali memamerkan mobil listriknya di dunia yang bergerak menuju tanpa karbon. Mitsubishi juga berencana untuk menjual Mitsubishi Ek X EV kecilnya di tanah air. Mitsubishi menunjukkan bahwa ia akan membawa mobil listrik di Indonesia akhir tahun ini. Krama Yudha selaku CEO PT Mitsubishi Motors Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita mengatakan, bahwa pihaknya sudah mulai memproduksi mobil listrik kecil eK X EV yang akan dijual di Indonesia.

Selain Minicab-MiEV, kendaraan listrik komersial (EV) one-box kei-car yang akan diproduksi di Indonesia, Mitsubishi Motors juga akan menampilkan eK X EV sepenuhnya untuk pertama kalinya di luar Jepang. Pabrikan berlambang tiga berlian tersebut telah memamerkan mobil yang akan dijual di Indonesia seperti Xpander dan Xpander Cross serta SUV Pajero Sport yang berukuran besar.

Pada Senin (31/8/2023) Seiji Watanabe selaku General Manager Divisi Desain Mitsubishi Motors, mengatakan bahwa pihaknya berharap semakin banyak pelanggan yang mengetahui apa yang ditawarkan Mitsubishi Motors di GIIAS mendatang. Setelah membangun pasar kendaraan listrik (EV) dengan peluncuran Mitsubishi i-MiEV Juli 2009 dan model elektrifikasi berikutnya (seperti Mitsubishi Outlander Plug-in Hybrid atau PHEV). Pada Mei 2022 MMC mengumumkan bahwa model Mitsubishi yang serba baru eK X EV (atau, lebih tepatnya, eK cross EV) akan mulai dijual musim panas ini.

Biaya untuk dua jenis mobil listrik kecil (kei car), Tipe G dan Tipe P, di Jepang berkisar antara 2.398.000 hingga 2.932.600 yen. Biaya ini tidak mencerminkan diskon yang disponsori pemerintah yang menurunkan harga. Mobil eK X EV telah dilengkapi dengan baterai penggerak yang baru dibuat dengan total kapasitas daya 20 kilowatt (kWh) untuk alat pacu jantung. Menurut perhitungan, torsi maksimum yang dihasilkan adalah 195 Nm.

Baca Juga:  Suzuki Baru Serahkan Grand Vitara ke Pembeli Awal Juni, Kenapa?

Sekali pengisian daya eK X EV menyediakan jarak mengemudi 180 kilometer, yang cukup untuk perjalanan sehari-hari seperti pergi bekerja dan berbelanja. Kendaraan ini memiliki tiga mode kendara yang dapat dipilih oleh pengemudi tergantung pada kondisi jalan. Mulai dari mode normal, mode eco, dan mode sport.

Konsumen dapat mengharapkan kenyamanan lebih dari eK X EV Mitsubishi. Dari segi desain, ruang interior, dan jangkauan, jelas kendaraan bergaya SUV ini menawarkan sejumlah keunggulan. Dengan desain grill yang berada di depan berlapis krom gelap, lampu kabut depan LED, dan fitur khusus kendaraan listrik lainnya, desain Dynamic Shield memancarkan rasa modernitas dan kebersihan sekaligus memancarkan keamanan dan kenyamanan.