Yamaha Indonesia Luncurkan Motor Baru 12 Januari 2024

DAPURPACU.COM – Dalam akun Instagram resmi Yamaha Indonesia Manufacturing Motor (YIMM). Mereka sudah menampilkan video teaser berdurasi 14 detik. Di dalamnya memunculkan fasad sepeda motor baru dengan sorot LED. Dari tampilan terlihat jenis skuter matik. Sebetulnya ada dua kemungkinan, pertama Nmax facelift 2024 dan yang kedua, lebih condong ke Lexi dengan mesin lebih besar, 155 cc.

Slogan yang diusung Yamaha buat sepeda motor baru ini: Simple But Prideful. Mungkin saja bisa dihubungkan, dari tampilan New Lexi tetap sederhana. Ada pembaruan, tapi tidak banyak berubah dari model eksis. Sehingga diprediksi bentuk tubuh bakal mirip, garis-garis tarikan bodi cenderung mengalir bukan pahatan tajam. Kemudian lebih banyak bermain dengan lampu jenis diode baik untuk sorot depan maupun buat buritan.

Ketika menengok data di Samsat PKB DKI Jakarta juga sudah tercantum. New Yamaha Lexi menggunakan kode BPN. Untuk Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) terdapat tiga tipe. Pertama BPN-L AT Rp12,6 juta, BPN-S AT Rp14,5 juta dan BPN-SL AT Rp14,5 juta. Jadi sepertinya sama dari model sekarang, Ada Standar, S dan S ABS. Agar bisa bersaing dengan Honda Vario 160, maka skutik anyar ini setidaknya bisa gunakan mesin Nmax 155 cc.

Enjin Blue Core 155 cc memiliki durabilitas yang terbukti selama beberapa tahun, sejak berkiprah di Indonesia. Bahkan sudah berteknologi Variable Valve Actuation (VVA). Jika New Lexi 155 pakai ini dan tidak ada ubahan teknis. Maka enjin dapat berdenyut hingga 11,3 kW (15,36 PS) di 8.000 rpm. Kemudian gerak piston tunggal memberi torsi maksimum sebesar 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Semua disalurkan via CVT agar berkendara semakin mulus.

Baca Juga:  Penjelasan Motor YAMAHA XMAX 250 Yang Harus Kamu Tahu!

Torsi dan tenaga merata seharusnya mudah dicapai di setiap putaran mesin. Tak ketinggalan, teknologi Smart Motor Generator (SMG) wajib disisipkan. Sehingga starter mesin menjadi lebih halus. Terus Lexi 155 senantiasa berbekal Stop & Start System (SSS) guna menekan konsumsi bahan bakar, saat ia sedang berhenti. Seperti kala kemacetan jalan atau setop di lampu merah.

Lantas dari sisi fitur keamanan berkendara supaya sistem pengereman kian mantap. New Yamaha Lexi 155 varian atas dipastikan dilengkapi dengan rem ABS. Termasuk imbuhan Traction Control System supaya mengurangi resiko ban belakang selip saat berakselerasi di berbagai kondisi permukaan jalan. Demi mengukuhkan posisi dalam menghadapi Honda Vario 160 cc itu. Kelengkapan fitur tentu jadi senjata dan nilai lebih untuk meningkatkan daya saing.

Fitur lain yang wajib tersedia yakni Smart Key System plus Immobilizer dan Answer Back System. Sehingga mudah mencari posisi parkir motor, lantas perangkat lain bisa dipertahankan Amsal, Electric Power Socket untuk mengisi daya baterai smartphone. Terus Handle Bar Switch Control guna memudahkan pengendara memilih tampilan informasi dan pengaturan pada speedometer.

Untuk sistem koneksi terkini. Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect) bisa pasangkan di varian atas. Teknologi modern dan informatif ini menghubungkan antara motor dengan smartphone dalam menginformasikan rekomendasi perawatan, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi dan lain-lain. Jika kelak mereka menyodorkan Lexi mesin besar. Mungkin dimensi dibuat tetap kompak seperti sekarang ini. Spacious flat foot board dan tipe long seat bertahan, sebagai pembeda dari Nmax. Tapi tampilan muka dan bodi bolehlah disegarkan mengikuti perkembangan zaman.