Toprak Razgatlioglu Putuskan Pindah Ke Tim BMW WSBK 2024

BMW Motorrad secara mengejutkan mengumumkan bahwa Toprak Razgatlioglu akan menjadi pebalap barunya untuk musim WSBK 2024. Kabar ini juga mematahkan rumor bahwa Toprak akan bergabung dengan tim Yamaha MotoGP menggantikan Franco Morbidelli. Mengapa pengemudi Turki itu bergabung dengan tim BMW. Usai menjuarai kejuaraan WSBK 2021 bersama Pata Yamaha, Toprak mengalami kemunduran di ajang balap kali ini. Dengan raihan tiga perak khas Yamaha di MotoGP, Yamaha juga berusaha menantang Ducati di WSBK saat Alvaro Bautista merebut gelar pada 2022.

Tersiar kabar bahwa Toprak akan melanjutkan karir MotoGP-nya bersama tim Monster Energy Yamaha. Toprak dua kali menguji motor Yamaha YZR-M1 di lintasan. Namun sepertinya ia tidak terhubung dengan tim Lin Jarvis, dan memutuskan bertahan di WSBK namun beralih ke tim juara. Berdasarkan analisis GPOne, ada tiga kemungkinan alasan Toprak beralih ke BMW Motorrad Motorsport dan tidak ikut pabrikan dan merek fork miliknya di ajang WSBK.

Penyebab atau alasan yang pertama adalah Toprak tidak memenuhi persyaratan untuk bergabung dengan tim Yamaha MotoGP. Toprak sudah dua kali berkesempatan menjajal Yamaha YZR-M1 di lintasan. Tes pertama di sirkuit Aragon pada 2022 dan tes kedua di sirkuit Jerez pada 2023. Berdasarkan hasil tes, general manager Yamaha Motorsport Lin Jarvis nampaknya tidak terkesan dengan performa El Turco. Akibatnya, Yamaha tidak bisa menjamin Toprak akan mengembalikannya ke Fabio Quartararo. Di sisi lain, Toprak mengatakan ingin bergabung dengan tim pabrikan jika pindah ke MotoGP musim depan. Namun mungkin karena melihat peluang yang sangat kecil, Toprak memutuskan bertahan di WSBK. Alasan kedua karena masalah pengembangan YZF-R1. Toprak menginginkan motor yang bisa bersaing dengan Ducati di lintasan WSBK.

Baca Juga:  Inilah Penyebeb Motor Mengeluarkan Asap Putih Atau Hitam Dari Knalpot

Di sisi lain, Yamaha juga bekerja keras untuk menyempurnakannya, dengan swingarm baru, pembaruan elektronik, dan lainnya. Tapi hasilnya tidak bagus. Mungkin karena itulah, Toprak tak ingin melanjutkan kiprahnya bersama Yamaha di WSBK. Saat ini, Toprak masih berada di posisi kedua klasemen sementara WSBK 2023 dengan raihan 167 poin. Namun selisihnya lebar dan pebalap Ducati Alvaro Bautista memimpin dengan 236 poin. Alasan terakhir apalagi kalau bukan soal uang. Tentu tidak masuk akal jika Toprak ingin beralih dari tim kompetitif menjadi tim seperti BMW yang kalah bersaing dengan Ducati, Yamaha, Kawasaki, dan Honda. Kemungkinan besar, Toprak memberi grup dari Jerman jumlah yang lebih tinggi. Menjadi pilihan logis bagi Toprak untuk keluar dari tim balap yang telah dibelanya selama 4 tahun.