Suzuki Baru Serahkan Grand Vitara ke Pembeli Awal Juni, Kenapa?

Suzuki Grand Vitara sudah dirancang sejak Februari 2023, namun unit baru dikirim ke pembeli tiga bulan kemudian atau sekitar awal Juni. Menurut Suzuki Indomobil Sales (SIS), ini merupakan bagian dari strategi perusahaan. Grand Vitara merupakan mobil baru Suzuki yang diluncurkan di Indonesia pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada Februari lalu. Peluncuran berlangsung tanpa pengumuman harga. Tagline resmi mobil ini baru terungkap satu bulan kemudian di bulan Maret saat Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

Donny menjelaskan, run of unit yang terjadi sekitar tiga bulan kemudian bukan karena stok menipis atau impor tinggi, karena mobil masih dalam kondisi diimpor secara utuh (CBU) dari India. Hal itu, kata dia, merupakan strategi Suzuki karena berdasarkan riset perusahaan, rata-rata pembeli Grand Vitara bukanlah pemilik mobil yang baru pertama kali memilikinya.

dapurpacu.com

“Konsumen Grand Vitara sedikit berbeda. Oleh karena itu, bukan mobil pertama (pembeli), atau mobil pertama. Ada juga yang membeli,” ujarnya. “Tapi tentu permintaannya lebih dari itu,” kata Donny.

Spesifikasi Grand Vitara
Grand Vitara merupakan mobil dengan lima tempat duduk dan memiliki dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.645 mm, dan wheelbase 2.600 mm. Dari desainnya, mobil ini dibuat menyerupai SUV dengan panel atap dan kap mesin berwarna hitam. Meski bagian depannya terhubung dengan lampu depan tiga dimensi dengan desain slimmed-down dan gril besar di tengah yang bersimbol huruf S. Grand Vitara ditenagai oleh mesin Suzuki K15C Dual Jet SHVS (Smart Hybrid Vehicle) 1500cc. Mesin ini disebut menghasilkan tenaga sebesar 103,06 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 136,8 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan yang juga terpasang pada paddle shifter di belakang kemudi.

Baca Juga:  Di Bank Mandiri, Anda Bisa Mendapatkan Pinjaman Toyota Yaris Cross 2023 Dengan Cicilan Ringan Dan Bunga Ringan

Suzuki menjual mobil tersebut dengan harga mulai dari Rp. 359,4 juta – Rp. 384,4 juta.