Simak 8 fitur menarik mobil listrik Tesla Cybertruck

DAPURPACU.COM – Cybertruck futuristik milik pabrikan Tesla tidak hanya terlihat unik, namun juga memiliki banyak fitur khusus yang membuat kendaraan listrik tersebut berbeda dari mobil-mobil masa depan lain.

Produsen mobil listrik Tesla mulai mengirimkan selusin Cybertruck perdana mereka pada tanggal 30 November setelah sekitar empat tahun membuat semua orang penasaran. Sang pemilik perusahaan Elon Musk mengatakan bahwa Tesla berencana untuk meluncurkan lebih banyak truk pikap listrik seiring dengan upaya perusahaan untuk meningkatkan produksi.

Kendaraan yang khas dengan bagian bersudut ini merupakan mobil bergaya DeLorean pertama yang memiliki eksterior baja tahan karat. Meskipun mengusung desain yang tergolong kaku, Tesla tetap mengemas beberapa fitur menarik di dalam kendaraan mereka.

Selama beberapa bulan terakhir, penggemar Tesla dan pakar otomotif menggunakan media sosial untuk berbagi beberapa hal menarik dari kendaraan itu, dari kecepatan dan kemampuan manuver hingga pegangan pintu tersembunyi — bahkan sebuah kejutan “telur Paskah”.

Berikut delapan fitur menarik Cybertruck yang dirangkum dari Business Insider, Minggu.

Hilangkan logo Tesla

Cybertruck membuang merek Tesla dan memperkenalkan logo bersudut. Mobil listrik ini tidak menampilkan salah satu hal yang paling dibanggakan oleh semua produk Tesla yaitu logo “T” yang menjadi ciri khas perusahaan.

YouTuber tekno Marques Brownlee menunjukkan dalam ulasan mobil bahwa satu-satunya logo Tesla yang ada di Cybertruck hanya kartu kunci Tesla yang digunakan untuk masuk ke mobil. Kemudian alih-alih logo Tesla konvensional yang terpatri roda kemudi, Cybertruck justru menampilkan sebuah logo segitiga yang mengingatkan orang pada siluet sudut kendaraan. Sedangkan pada bagian eksterior, Cybertruck malah tidak memiliki logo sama sekali.

Tanpa handle pintu

Alih-alih menghadirkan pegangan alias handle bar pembuka pintu konvensional, Cybertruck mengusung sebuah tombol kecil pada bagian sepanjang tepi jendela pilar B yang memungkinkan pintu terbuka sekitar 2 inci. Pintu kemudian dapat dipegang dan ditarik hingga terbuka sepenuhnya.

Tahun lalu, sejumlah pemilik Cybertruck merasakan kebingungan dan kesulitan membuka pintu mobil ketika kali pertama menerima unit tersebut karena ketidakhadiran handle pintu. Apalagi pada unit purwarupa, Cybertruck Tesla memiliki handle pintu pada sepanjang sisi mobil yang dapat menyembul, mirip dengan handle bar pintu Model S.

Tetapi Musk mengumumkan pada tahun 2021 bahwa kendaraan tersebut tidak akan memiliki pegangan pintu.

Wiper tunggal kaca depan

Menjelang peluncuran Cybertruck, ada banyak spekulasi mengenai apakah Tesla akan mempertahankan wiper raksasa setelah sebuah foto menunjukkan bahwa perangkat pembersih tersebut gagal membersihkan keseluruhan jendela.

Tidak seperti wiper mobil pada umumnya yang terpasang rapi di kap mesin, wiper Cybertruck terletak tegak pada sepanjang sisi kaca depan saat perangkat tersebut tidak digunakan. Dalam sebuah ulasan mobil di YouTube, Kyle Conner dari Out of Spec menyebut wiper Cybertruck sebagai “mie basah raksasa”. Connor juga menunjukkan bahwa wiper bergerak cukup cepat untuk ukurannya.

Baca Juga:  Singkirkan Jeep Cherokee Xj Jika Anda Membutuhkan Kendaraan Roda Empat Dengan Harga Kurang Dari Rp 100 Jutaan

Jendela antipeluru

Cybertruck diproyeksikan untuk menyertakan opsi jendela antipeluru. Musk mengatakan bahwa versi mode “beast” dari Cybertruck akan hadir dengan pilihan jendela antipeluru yang terpatri kokoh alias jendela tersebut tidak dapat dibuka atau ditutup. Menurut CEO Tesla itu, semua bagian Cybertruck lainnya memiliki logam baja tahan karat yang cukup tebal untuk menahan peluru.

Teknologi steer-by-wire

Truk pikap listrik Cybertruck dirancang untuk kemampuan manuver tingkat tinggi. Ia dilengkapi teknologi steer-by- wire yang menggunakan motor listrik untuk memutar roda melalui sensor yang menentukan besar putaran lingkar kemudi ke arah tertentu.

Saat menguji Cybertruck, YouTuber Marques Brownlee menunjukkan bahwa roda kemudi Cybertruck tidak berputar lebih dari 180 derajat.

“Terasa jauh lebih gesit di tempat parkir dan terasa menyusutkan wheelbase dan seluruh dimensi truk. Butuh beberapa waktu untuk membiasakan diri, namun ini sangat berguna,” ujar dia.

Mampu Ngebut

Tesla mengatakan truk versi Cyberbeast dapat melaju kencang dari 0 hingga 60 mil per jam dalam waktu sekitar 2,6 detik dan seperempat mil dalam waktu kurang dari 11 detik. Musk bahkan sempat menunjukkan sebuah video ketika Cybertruck tampak mengungguli Porsche 911.

Kamera depan

Tesla terkenal dengan rangkaian unit kamera. Maka, Cybertruck juga dilengkapi dengan kamera tampak samping, kamera menghadap ke belakang, dan kamera di dalam kabin. Selain rangkaian kamera tersebut, Cybertruck juga memiliki kamera pada bagian bemper depan.

Kamera juga memiliki semacam mesin untuk membantu membersihkannya dari kotoran, mengacu beberapa video yang diunggah secara daring.

Kejutan “Telur Paskah”

Beberapa penggemar Tesla menemukan sebuah kejutan “Telur Paskah” pada perangkat lunak Cybertruck. Saat mobil dalam kondisi terparkir dan menampilkan sistem informasi-hiburan kemudian pengguna mengetuk jendela samping Cybertruck beberapa kali, maka jendela akan tampak pecah.

Sistem perangkat hiburan kemudian akan memutar cuplikan audio dari Musk. Gimik ini merupakan bentuk pengingat ketika Tesla mengumumkan rencana peluncuran Cybertruck pada tahun 2019. Pada acara tersebut, kepala desain Tesla melemparkan sebuah bola logam ke jendela samping pengemudi mobil listrik itu untuk menunjukkan bahwa kendaraan tersebut tahan peluru. Sebaliknya, bola logam tersebut malah menghancurkan jendela.