Tahun 2024 Di Banjirin Motor Listrik Dengan Banyak Varian Merek

DAPURPACU.COM – Brand sepeda motor listrik berlomba-lomba menjajakan produk ramah lingkungan niremsi. Banyak di antara mereka mendapat subsidi dari pemerintah, sehingga harganya lebih sangat terjangkau. Banyak juga merek baru yang bermunculan dan saling umbar fitur. Pilihan pun semakin banyak di tangan peminat motor listrik. Inilah sepeda motor listrik yang meluncur di sepanjang 2024.

Keeway EV Anne

Keeway EV Anne

Benelli motor Indonesia meluncurkan Keeway EV Anne di perklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Keeway EV Anne dibanderol dengan harga Rp19,8 juta dengan banyak warna atraktif. Kecepatan puncak hanya 60km/jam. Suplai energi didapat dari baterai lithium 60V berkapasitas 30 Ah.

Ditempatkan di aera bagasi, satu daya berkonfigurasi anti air sehingga aman. Kapasitas segitu memberikan kemampuan jelajah sejauh lebih dari 70km. Ini dinilai sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Proses pengisian daya tarik sulit karena hanya membutuhkan listrik berspesifikasi rumahan. Baterai bisa dicopot atau di charge langsung saat masih tersimpan di kompartemennya. Guna memberikan ketenangan bagi konsumen, Keeway EV Anne memberikan garansi 3 tahun.

Selis e-Max Long Range

Selis e-Max Long Range

Selis e-Max Long Range diklaim mampu menempuh jarak 200km lebih. Soal harga, Selis e-Max Long Range tidak termasuk ke dalam subsidi pemerintah. Harganya Rp36 juta. Secara tampilan sebetulnya tidak ada beda dengan Selis e-Max versi SLA dan Lithium.

Penggeraknya menggunakan hub-driver bertenaga 1.200W, baterainya menggunakan LifeP04 60V 25Ah. Satu kali charge isi daya kurang lebih dari 5 jam dan mampu menempuh jarak tempuh sampe 230 km. Namun konsekuensinya, kecepatan maksimal yang bisa konvesional. Bahkan bisa lebih hemat dari skutik 110 cc yang diperkirakan satu liter bensin hanya dapat menempuh 40 km.

SMEV

SMEV

SMEV merupakan brand asal Indonesia. Menawarkan produk berbeda dibanding kompetitor. Desainnya bisa dikustomisasi sesuai preferensi konsumen. Mulai diperkenalkan pada akhir Juli 2023. Ada dua produk yang jadi basis display buat pembeli, yakni EM-1 dan EM-T. EM-1 disebut sebagai platform dasar yang kemudian bisa dijadikan apa saja, termasuk EM-T berwujud trail. Kendati produk EM-1 juga punya DNA tualang, disebut sebagai produk dua alam yang tetap bisa diandalkan di perkotaan.

SMEV EM-1 dibekali dengan dinamo listrik berkekuatan 3.000 watt dengan baterai Lithium-ion berdaya 72V 40 Ah. Klaimnya, mampu mencapai kecepatan hingga 105 km/jam dan jarak tempuh 110 km. Durasi pengecasannya pun termasuk singkat, dengan klaim antara 2 sampai 3 jam. Bobot yang ringan juga jadi salah satu nilai jual. Lantaran untuk diet, bodi dengan bahan serat karbon digunakan. Sementara EM-T (versi trail) menggunakan dinamo yang lebih besar, yakni 4.000 watt.

Baca Juga:  Intip Tampang Mobil Playboy Yang ajib Kalian Tahu!

Pembeli bisa memesan dengan personalisasi yang beragam. Mulai dari yang simpel seperti bentuk dan jenis lampu, warna cat, decal. Kemudian bisa juga memilih pelek dan ban. Sampai ukuran baterai. Waktu tunggu konsumen disebut antara 30 hari sampai 2 bulan. Tergantung dari tingkat pengerjaan dan antrean. Dengan produk yang eksklusif dan syarat nilai kustomisasi. Produk SMEV bermain di pasar motor listrik dengan rentang harga Rp50 juta ke atas. Sebagai patokan, harga basis ditawarkan mulai Rp79 juta. Belum termasuk personalisasi tambahan.

Setiap pembelian, konsumen bakal mendapat garansi untuk baterai selama 3 tahun, dinamo motor listrik termasuk controller 2 tahun. Sedang soal layanan purnajual juga bakal ditanggung oleh SMEV. Selain itu, motor juga bakal mendapat surat dan pelat nomor. Karena SMEV sudah mendapat izin resmi dari kemenperin dan kemenhub sebagai produk motor listrik yang layak jalan. 

Gova EV

Gova EV

Sepeda motor listrik Gova F600 memperkenalkan diri ke khalayak yang lebih luas di pameran Indonesia Motorcycle Show Plus (IMOS+) 2024.Gova sebenarnya telah diperkenalkan perdana pada April lalu di bawah PT Kilats Energy Indonesia (Kilats), anak perusahaan Kilats PTE LTD Singapura. Perusahaan ini mendapatkan hak eksklusif mendistribusikan armada baru dan sistem penggantian baterai motor listrik Niu di Indonesia.

Sepeda motor listrik yang sudah dirakit lokal ini memang menawarkan desain yang berbeda dengan model Gova di bawah Niu. Bentuknya menyerupai skutik konvensional dengan garis-garis tajam utamanya di area depan serta pencahayaan LED dengan DRL pada lampu utama. Ia menggunakan rangka baja dengan pengereman cakram berdiameter 220 mm di depan dan 180 mm di belakang. Bannya menggunakan ukuran 990/80-14 di depan dan 100/80-14 di belakang. Soal suspensi, dipercayakan pada model teleskopik untuk bagian depan, serta spring loaded hydraulic di belakang.

Tawaran teknologinya cukup meyakinkan. Gova F600 sudah dilengkapi keyless NFC, aplikasi GPS, tiga mode berkendara e-save, dynamic, dan sport. Model speedometernya layar digital floating, fitur cruise control, smart tuner system, serta USB type c pada power soket.

Performa motor listriknya bertenaga 3.000 watt dengan kecepatan maksimal 78 km/jam. Jarak tempuhnya bergantung pilihan baterai, ada satu buah dan dua buah untuk menempuh jarak 80 km hingga 120 km. Tiap baterai memiliki kapasitas 72V 20Ah LFMP. Pengisian dayanya 680W 8A, dengan waktu pengisian 4,5 jam. Gova F600 ditawarkan dalam dua varian. Model satu baterai dibanderol Rp35 juta-an, dan dual baterai di angka Rp40,5 juta-an