MPV Listrik Zeekr CM2E Berkemampuan Otonom Level 4

DAPURPACU.COM – MPV kedua Zeekr dengan nama kode CM2E tertangkap kamera spyshot di China. Mobil berbadan boxy dengan penggerak elektrifikasi sepenuhnya merupakan hasil pengembangan bersama Wayma, proyek self-driving dari Google yang berbasis di Amerika Serikat.

Zeekr CM2E sendiri mengusung konsep M-Vision yang pertama kali dikenalkan pabrikan melalui Guangzhou Auto Show pada 2022. Konsep tersebut didesain di Swedia dan memang didedikasikan untuk kebutuhan ride hailing atau angkutan panggilan. Di mana dilengkapi pengendaraan otonom level 4.

Sistem tersebut tentunya mengizinkan pengendaraan bebas kendali manusia. Namun, melihat spyshot beredar tidak terlihat adanya Lidar, kamera dan sensor terpasang layaknya di konsep M-Vision. Ini mengindikasikan Zeekr turut mengembangkan CM2E versi lebih terjangkau dengan kelengkapan kemampuan otonom lebih sedikit untuk pembeli pribadi.

Lebih lanjut M-Vision juga seharusnya diperkuat pintu geser depan dan belakang. Tapi mobil yang terbungkus jubah kamuflase mempertontonkan sliding di baris kedua dan model konvensional di depan.

Ia berdiri di segmen MPV kecil yang menggunakan platform SEA-M milik Geely. Secara dimensi, panjangnya 4,6 meter dengan kemampuan angkut lima penumpang. Kapasitas ini mungkin tak terlalu mumpuni, tapi perlu diingat CM2E ditargetkan menganut teknologi otonom level 4. Ini berarti tidak diperlukan konsol untuk pengemudi mengendalikan kendaraan, seluruhnya merupakan penumpang.

Terkait spesifikasi belum diungkap jelas. Kemungkinan ia mendukung arsitektur 800V layaknya sedan terbaru Zeekr yaitu 007. Ini memungkinkan pengisian daya catu daya cepat dan performa mumpuni. Sebagai gambaran, 007 menganut motor listrik tunggal dengan kekuatan 310 kW atau 415 hp, sedangkan versi all-wheel drive memiliki tenaga puncak 475 kW atau 636 hp.

Urusan desain, ia membawa nuansa sangat modern. Dapat dipastikan tampangnya dilengkapi pita lampu Stargate yang juga pertama kali diadopsi oleh Zeekr 007. Ini merupakan perangkat pencahayaan berdimensi 90 inci yang terdiri dari deretan 1.711 lampu. Tiap LED dapat memproyeksikan diri secara independen, memungkinkan memanipulasi cahaya. Menurut CEO Zeekr, An Conghui, pihaknya telah menghabiskan lebih dari $140 juta atau Rp2,186 triliunan untuk mengembangkannya.

Baca Juga:  Menkominfo Johnny G Plate Punya Mobil Mercedes-Benz Termahal

CM2E versi produksi direncanakan meluncur pada 2024 dan bergabung dengan armada Waymo di Amerika Serikat. Zeekr belum memastikan MPV keduanya ini akan tersedia di pasar negara lain untuk konsumen pribadi. Dugaannya pasar Cina dan Eropa dahulu.

Sebagai informasi, Zeekr adalah brand otomotif listrik sepenuhnya yang didirikan tiga tahun lalu di bawah merek Geely. Saat ini telah menjual empat model yaitu MPV 009, sedan 001, SUV kompak X dan sedan 007. Mereka turut mempunyai versi performa dari 001 yakni 001 FR. Pada 2023, Zeekr berhasil menjual 118.685 mobil. Ini mengalami peningkatan 65 persen dibanding 2022. Sementara untuk 2024 mereka menargetkan 230 ribu unit.