Mobil Listrik Pertama Xiaomi SU7 Akan Meluncur Di China

DAPURPACU.COM – Mobil listrik pertama Xiaomi akhirnya meluncur di China. Kendaraan yang telah dikembangkan sejak dua tahun lalu itu menyandang nama Xiaomi SU7. Kemungkinan besar akan bermain di segmen menegah ke atas, bukan entry level. Sebab pabrikan membekalinya dengan mesin, baterai dan fitur kelas wahid yang kerap ditemukan mobil-mobil flagship.

Selain itu, menurut petinggi perusahaan, mobil listrik pertamanya tersebut tidak akan dibanderol murah. Bahkan Xiaomi SU7 digadang-gadang akan berhadap langsung dengan mobil-mobil besutan Tesla. Xiaomi SU7 hadir melalui dua varian yang berbeda, yakni Standard dan Max.

Spesifikasi Xiaomi SU7 Di China

SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristasi di sejumlah bagian. Sepintas tampilan Xiaomi SU7 seperti perpanduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

Menurut Xiaomi, mobil listrik pertamanya itu punya aerodinamika tinggi dengan koefisien drag hanya 0,195 Cd. Nominal tersebut jauh lebih rendah dibandingkan mobil listrik lain yang telah diproduksi. Namun perlu dicatat, angka itu dihitung tanpada keberadaan lidar.

SU7 didesain langsung Li Tianyuan yang pernah merancang tampilan mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya berkerja untuk Mercedes-Benz.

Secara dimensi Xiaomi SU7 punya panjang 4.997 mm, lebar 1.963 mm dan tinggi 1.455 mm. Sementara sumbu rodanya 3.000 mm dengan bagasi yang kapasitasnya mencapai 517 liter.

Fitur Xiaomi SU7

Pabrikan membekali SU7 dengan layar kontrol pusat berukuran 16,1 inch yang telah mendukung resolusi 3k. Selain itu, terdapat fitur lain seperti panel instrumen 7,1 inch, dua layar di kursi penumpang yang merupakan Xiaomi Pad, navigator ADAS, Xiaomi Pilot yang disokong dua Chip Nvidia Orin-X dan operating sistem HyperOS dengan Qualcomm Snapdragon 8295.

Baca Juga:  Mengapa Artis Sering Menggunakan Toyota Alphard?

Mesin Xiaomi SU7

Pada Varian standar, pabrikan membekalinya dengan mesin V6 berpenggerak roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 220 Kw dan torsi 400 Nm. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu melesat dari nol ke 100 kpj dalam 5,2 detik.

Sedangkan untuk varian Max mesinnya berpenggerak semua roda (all whell drive) dengan dual-motor yang mampu menghasilkan tenaga 425 kw dan torsi 838 Nm. Sementara untuk berakselerasi dari nol ke 100 kpj hanya perlu waktu 2,7 detik.

Baterai Xiaomi SU7

Xiaomi SU7 varian standard menggunakan baterai 73.6 kWh dengan jarak tempuh maksimum 668 km. Sementara untuk varian Max baterainya 101 kWh dengan jangkauan 800 km. Jarak kedua baterai tersebut sama-sama dites menggunakan standar CLTC ( China Light-Duty Vehicle Test Cycle).