Merajai Masa Depan: Mobil Listrik Yang Siap Meluncur Pada Tahun Depan

Dapurpacu.com – Beberapa produsen mobil ternama dan pemula, seperti Lucid, Canoo, dan Rivian, sedang berusaha menciptakan mobil listrik masa mendatang.

Inilah beberapa mobil listrik yang diharapkan segera meluncur pada tahun mendatang, berdasarkan laporan dari Car and Driver, Sabtu.

  1. Acura ZDX

Acura ZDX diperkirakan akan menjadi EV pertama dari Acura yang akan diluncurkan di awal tahun depan. ZDX 2024 mengadopsi platform baterai Ultium dari General Motors, memiliki komponen yang sama dengan Cadillac Lyriq, dan baterai 102,0 kWh yang memberikan jarak tempuh hingga 325 mil.

Varian A-Spec akan memiliki roda belakang dengan mesin tunggal berkekuatan 340 hp dan akan dikombinasikan dengan Tipe S dengan semua roda berkekuatan 500 hp, mesin ganda yang juga menggunakan rem yang ditingkatkan, peredam adaptif, dan suspensi udara. A-Spec diperkirakan akan memiliki harga sekitar 60.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp929 juta.

  1. Audi Q6 e-tron

Audi akan memperluas lini SUV listriknya dengan meluncurkan Q6 e-tron yang akan berada di antara crossover e-tron Q4 dan Q8 dengan menggunakan arsitektur PPE yang sama dengan Porsche Macan EV terbaru. Baterai berkapasitas sekitar 93,0 kWh yang diklaim dapat memberikan jarak tempuh hingga 315 mil dan pengaturan 800 volt yang memungkinkan pengisian ulang cepat.

Q6 e-tron all-wheel-drive memiliki mesin ganda dengan tenaga 375 kuda, sementara model e-tron SQ6 yang lebih sporty meningkatkan output menjadi 482 kuda dengan mode boost, menambah sekitar 20 hp untuk setiap model.

  1. Buick Electra

Buick telah memperkenalkan kembali SUV listrik baru yang ditujukan untuk pasar China. Electra E5 menggunakan platform baterai Ultium GM dan ukurannya hampir sama dengan Chevrolet Equinox. Electra E5 diperkirakan akan memiliki performa yang mirip dengan Cadillac Lyriq yang memiliki jarak tempuh 300 mil dan tenaga 340 kuda.

Buick berencana untuk memasukkan logo tri-perisainya di atas jajaran produk listrik penuh pada tahun 2030, namun, Electra pertama diperkirakan akan meluncur pada tahun 2024.

  1. Cadillac Escalade iQ

Di rencanakan untuk diluncurkan pada musim panas 2024, Cadillac Escalade iQ memiliki kapasitas lebih dari 200 kWh, baterai Ultium yang digunakan bersama dengan GMC Hummer EV dengan jarak tempuh sekitar 450 mil dan powertrain motor ganda menghasilkan hingga 750 tenaga kuda. Kabin mewahnya dilengkapi dengan layar berukuran 55 inci yang membentang di seluruh dashboard dan sistem suara 40 speaker.

Baca Juga:  Truk Buatan Ri Akan Di Ekspor Ke Afrika Segera

Escalade IQ akan dilengkapi dengan Super Cruise dan sistem mengemudi bebas tangan General Motors dengan harga sekitar 130.000 dolar AS atau sekitar Rp4,6 miliar.

  1. Canoo Pickup Truck

Canoo adalah startup otomotif listrik dari California. Saat ini, unit terbarunya hanya dikenal sebagai Pickup Truck. Canoo menjanjikan tenaga lebih dari 500 kuda dan jarak tempuh minimal 200 mil, lebih kecil dari yang biasanya ada di segmen pikap ukuran menengah dengan panjang dua kaki lebih pendek dari Ford Ranger.

Canoo mengatakan pikapnya akan ditawarkan dengan bak pikap berukuran enam hingga delapan kaki dan pemesanan sudah dibuka saat ini dengan proses produksi dijadwalkan mulai sekitar tahun 2024.

  1. Dodge Charger Daytona SRT EV

Dodge berkomitmen untuk menjaga relevansi mobilnya di era listrik. Konsep Dodge Charger Daytona SRT berjalan pada arsitektur listrik 800 volt yang disebut Banshee dan meskipun detail performa masih sangat terbatas, produsen mobil berjanji bahwa EV pertama mereka akan melampaui performa Hellcat.

Transmisi multi-speed diharapkan dapat mempertahankan beberapa karakteristik otot mobil. Namun, teknologi yang paling menarik sejauh ini adalah sistem pembuangan Fratzonic yang menggunakan pipa untuk meningkatkan suara EV hingga mencapai 126 desibel.

  1. Lotus Emeya

Lotus memperluas lini produknya dengan Emeya, sedan listrik mewah yang diklaim akan bersaing dengan Porsche Taycan dan Lucid Air. Emeya memiliki siluet yang ramping dan aerodinamis dengan desain yang tajam.

Di balik bodinya, terdapat baterai 102,0 kWh yang diperkirakan dapat menjangkau jarak antara 260 dan 315 mil. Dua powertrain akan tersedia untuk model dasar dengan tenaga 603 hp dan torsi 523 lb-ft, serta model dengan jarak tempuh tertinggi 905 kuda dan 727 lb-ft dengan transmisi dua kecepatan.

Varian tersebut akan mencapai 62 mph dalam waktu kurang dari 2,8 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum 159 mph. Interior mobilnya menampilkan desain yang menarik, mirip dengan SUV listrik Eletre milik perusahaan.

Penjualan diperkirakan akan dimulai pada tahun 2024 dengan harga diperkirakan sekitar 100.000 dolar AS atau sekitar Rp1,5 miliar.