Lebih Besar Dari Indonesia, Thailand Punya Penjualan Mobil Listrik Lebih Tinggi

dapurpacu.comIndonesia akan terus mengejar Thailand untuk menyalipnya sebagai pemimpin ASEAN di bidang kendaraan listrik, selain berlaga di sepak bola Porsi Ocean Games. Baik dalam produksi maupun penjualan, konsumsi listrik di Indonesia dan Thailand meningkat.

Sayangnya, dalam hal penjualan kendaraan listrik, Indonesia saat ini tertinggal jauh dari Thailand. Kuartal I 2023, penjualan kendaraan listrik di negeri gajah putih delapan kali lipat lebih tinggi dibandingkan di Indonesia.

14.777 unit kendaraan listrik terjual antara Januari dan Maret 2023, menurut Autolife Thailand. Pembuat mobil Cina BYD, yang menjual 5.580 kendaraan listrik, memiliki pangsa pasar kendaraan listrik terbesar di Thailand. Di awal tahun 2023, Thailand akan mengalami peningkatan penjualan kendaraan listrik yang signifikan.

Penjualan mobil justru melampaui penjualan tiga bulan pertama 2023 di tahun 2022 yang mencapai 9.729 unit. Namun jika dibandingkan dengan negara gajah putih tersebut, penjualan kendaraan listrik di Indonesia masih tertinggal.

Menurut statistik penjualan yang diberikan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hanya 1.780 kendaraan listrik yang dapat terjual di Indonesia selama kuartal pertama tahun 2023. Hyundai, produsen mobil Korea Selatan, memimpin penjualan kendaraan listrik di Indonesia, menjual 1.019 model Ioniq 5.

Wuling juga berhasil menjual 539 unit Air ev. Pemerintah Indonesia telah mencanangkan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan tenaga listrik mobil meskipun Thailand kembali kalah. Salah satunya dengan menawarkan subsidi kendaraan listrik.

Baca Juga:  Sedan Mewah Bmw M4 Convertible M Xdrive Diluncurkan Di Indonesia Dengan Harga Rp. 2,607 Miliar