Hyundai Stargazer X Tidak Memiliki Transmisi Manual, Disebut Cocok Untuk Orang Kota

dapurpacu.com – Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4-silinder DOHC dengan Intelligent Variable Transmission (iVT) adalah satu-satunya pilihan mesin dan transmisi yang tersedia untuk Hyundai Stargazer X, yang tersedia dalam dua varian. Dibandingkan dengan transmisi otomatis tradisional, transmisi ini lebih ringan dan dibuat khusus untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Bonar Pakpahan, Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), menjelaskan pilihan tersebut sejalan dengan target pasar perusahaan yang mayoritas terdiri dari para pengemudi perkotaan.

Menurut Bonar di ICE BSD, Tangerang pada Jumat (11/08/2023), “Saat ini kami belum menyediakan transmisi manual untuk Stargazer X karena target kami adalah pengguna mobil di perkotaan.”.
Sebab, menurutnya, kajian yang dilakukan secara internal menunjukkan bahwa kawasan perkotaan merupakan mayoritas pengguna mobil Hyundai. agar pengembangannya sesuai dengan fitur segmen pasar ini.

Selain itu, karena kepraktisan operasionalnya, pengguna kendaraan bermotor di pedesaan kini mulai nyaman dengan kendaraan yang memiliki pilihan transmisi otomatis.
“Transmisi otomatis lebih disukai ketimbang manual oleh pengemudi di perkotaan yang padat. Bayangkan jika manual di Jakarta padat, kaki bisa patah,” ujarnya.

Seperti diketahui, kebutuhan berkendara harian Stargazer X dipenuhi oleh mesin Smartstream 1.500 cc dengan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Kendaraan ini juga dilengkapi sejumlah fitur mutakhir lainnya, seperti Cruise Control, yang membuat berkendara semakin nyaman dengan memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan konstan tanpa terus menekan pedal gas.

Pengguna Stargazer X dapat memilih di antara empat mode berkendara yang berbeda, termasuk Sport untuk performa terbaik dan Eco untuk penggunaan bahan bakar yang paling hemat.

Baca Juga:  Produsen Ford Merilis Mobil Baru Mini Bronco Yang Jadi Lawan Suzuki Jimny