Mobil Pickup Flat Deck Gagak Rimang akan diberikan dalam undian berhadiah di Kustomfest 2023.

Dapurpacu.com – Ajang otomotif Kustomfest 2023 akan segera digelar di Yogyakarta, 7-8 Oktober 2023, dengan Jogja Expo Center (JEC) sebagai titik fokusnya. Jogjakarta?

Acara tahun ini yang mengusung tema Retro Future ini akan memberikan satu unit mobil pickup flat deck custom yang dibuat dan dirancang oleh proyek kolaborasi kepada peserta yang beruntung.

Kendaraan yang diciptakan oleh bengkel ternama Yogyakarta Retro Classic Cycles ini berbahan dasar sedan yang mereknya dirahasiakan.

Direktur Kustomfest dan pendiri Retro Classic Cycles, Lulut “LT” Wahyudi, menyatakan pada 6 Oktober: “Kami merancang bodi belakang sedan untuk dipotong menjadi model pikap dek datar, yang melambangkan kebebasan dan terlihat liar namun multifungsi .

Konsep mobil Gagak Rimang lugas, menawan, dan berpenampilan agresif.

Nama Gagak Rimang diambil dari legenda Arya Penangsang yang menunggangi kuda hitam mengelilingi wilayah kekuasaannya untuk mengamatinya.

Kuda disebut sebagai hewan agung dengan bulu halus berwarna hitam seperti burung gagak.

“Nama itu dipilih karena mewakili semangat kerja keras yang sama yang terpancar dari undian berhadiah ini,” kata Lulut yang enggan menyebutkan biaya customisasi mobil ini.

Menurut Lulut, konsep truk pikap flat-deck custom ini merupakan representasi betapa pekerja kerasnya anak-anak agar bisa menghasilkan karya terbaik.

“Tidak sekedar pekerjaan, harus mempunyai kepribadian tersendiri dan memperhatikan aspek fungsinya, seperti untuk mengangkut sepeda low rider atau sepeda motor custom,” ujarnya.

“Dalam proses pengembangan mobil ini, kami mengundang para pelaku UMKM di bidang otomotif yang memiliki spesialisasi di bidangnya, mulai dari bengkel cat, mesin, interior, dan part lainnya,” tambah pria tersebut.

Dengan merekrut individu-individu terampil dengan bidang keahliannya masing-masing, kerjasama ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah karya.

Baca Juga:  HMID Resmi Meluncurkan Hyundai Ioniq 6, Mobil Sudah Bisa Dibeli

Yang jelas, menurut Lulut, mobil ini dilatarbelakangi oleh perjalanan 11 tahun Kustomfest yang memberikan banyak kebebasan berkreasi dalam proses menghasilkan sebuah karya seni.

Penekanan pada upaya yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan mobil yang diciptakan pada era tersebut untuk mampu mengisi ceruk pasar agar kelak menjadi warisan dan diidam-idamkan oleh para penggemarnya, sesuai dengan tema Retro Future tahun ini.

Setelah menjuarai The Cakil pada tahun 2014, menurut Lulut, ia tidak pernah lagi memenangkan mobil dalam undian berhadiah. Kini, hampir sepuluh tahun kemudian, mereka bersiap untuk memberikan hadiah lain—sebuah mobil.

Satu pengunjung yang beruntung selanjutnya akan memenangkan Lucky Draw Kustomfest 2023 dengan membeli tiket harian seharga Rp 100.000.

Kustom Bike Show, Hot Rod dan Kustom Car Show, Flat Track Race, Art Island, Body Art Show, Kustom Bicycle, dan acara lainnya yang terkait dengan kancah budaya kustom semuanya akan menjadi bagian dari Kustomfest 2023.