Daihatsu Berencana Melakukan Debut Dunianya Di Gaikindo

dapurpacu.com – Daihatsu berencana melakukan debut dunianya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Daihatsu adalah salah satu dari dua merek yang mempresentasikan rencana mereka untuk pemutaran perdana dunia di pameran mobil tersebut. Merk lainnya adalah Mitsubishi.

GIIAS 2023 sendiri akan digelar mulai 10-20 Agustus di Serpong, Tangerang. “Pesannya ada yang pertama di dunia. Tunggu saja pesannya,” kata Indra Setiawan, PR Manager PT Astra Daihatsu Motor (ADM), saat jumpa pers jelang GIIAS 2023, Kamis.

terakhir (7/13) (2023). Sayangnya, Daihatsu bahkan lebih tertutup daripada Mitsubishi tentang asal usul dunia. Karena itu, belum diketahui apakah model yang akan dihadirkan pertama kali ke hadapan publik di GIIAS 2023 merupakan mobil produksi atau mobil konsep.

“Hehe tunggu pak. Iya (ada dunia pertama),” kata Indra saat dihubungi dapurpacu.com lagi, Jumat (14/7/2023). Tingkah laku Daihatsu berbeda dengan Mitsubishi yang secara terbuka mengumumkan bahwa world premier mereka akan menjadi versi produksi dari XFC Concept.

Konsep XFC merupakan sport utility vehicle (SUV) yang diluncurkan di Indonesia pada Februari 2023 kemarin di Jakarta. Model produksinya akan bersaing di segmen mid-size SUV yang dihuni oleh Honda HR-V, Mazda CX-3 1.5, Hyundai Creta, Wuling Alvez, Chery Omoda 5, Suzuki Grand Vitara, Toyota Yaris Cross.

Selain itu, Daihatsu dan Mitsubishi merupakan dua dari 49 merek mobil yang berpartisipasi di GIIAS 2023. Ini adalah jumlah model mobil terbesar dalam sejarah pertunjukan. Jika diterjemahkan, tak kurang dari 29 jenis adalah mobil penumpang, lima jenis kendaraan niaga, ditambah 15 jenis sepeda motor. Diantaranya model mobil baru China yaitu Neta, Ora, Haval, Tank.

HY-Fun memiliki desain aerodinamis sehingga terlihat agresif dan sporty. Itu ditutupi dengan perak metalik dan bahan yang dapat bersinar biru, memberikan efek teknologi tinggi. Kendaraan HY-Fun bahkan lebih tinggi dengan pelek 20 inci.

Soni Satriya, Executive Design Engineering Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan HY-Fun memiliki fitur-fitur canggih antara lain tidak adanya pilar-B dan kemampuan mengoperasikan mobil secara online. “Di sisi pintu, mobil konsep ini dilengkapi dengan Side Door Closing Motion pada garis pintu sisi pertama dan kedua sehingga memungkinkan ruang terbuka lebih luas.

Baca Juga:  Mobil bekas Toyota Avanza 2011 HARGA Rp 90 juta, model ini bisa dapatkan nyaman, hemat bahan bakar

Meski dilakukan secara in-handless, pintu dapat dibuka dari mobil, sebuah sensor yang akan membaca gerakan tertentu pada body mobil tanpa menyentuhnya. Ada juga fungsi face recognition untuk membuka atau menutup pintu mobil demi keamanan,” ujar Soni yang ditemui di stand Daihatsu GIIAS kemarin.

Di dalam ruangan terdapat mood lighting untuk memberikan efek high-tech. Pada baris pertama, desain jok mobil ini dapat diputar hingga menghadap ke belakang (baris kedua), sehingga memungkinkan pengemudi dan penumpang berikutnya untuk keluar masuk mobil dengan mudah dan berkomunikasi dengan penumpang di dalamnya. .

Menggunakan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA), HY-Fun terintegrasi penuh karena memungkinkan pengguna menghidupkan atau mematikan mesin, mendinginkan (AC) dan membuka jendela dari smartphone pengguna tanpa terbang. mobil. Pengguna juga dapat memantau lokasi kendaraan secara tepat dari perangkat seluler dan terhubung ke seluruh jaringan media Daihatsu untuk kemudahan dan kenyamanan yang lebih baik.

“Daihatsu memperkenalkan HY-Fun sebagai mobil konsep berbasis DNGA dunia yang memiliki banyak fitur canggih yang terintegrasi dengan baik. Mobil ini cocok untuk kalangan milenial dan keluarga yang sangat dekat dengan perangkat dan teknologi. Kami berharap mobil ini dapat menjadi inspirasi dan salah satu pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia di masa mendatang,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director ADM.

HY-Fun juga mendukung fitur hiburan lengkap yang dapat diinstal ke dalam perangkat pengguna. Sedangkan untuk mendengarkan musik dan bermain game, diurus oleh empat unit virtual reality (VR) yang terpasang di baris pertama dan kedua. Lalu ada fungsi kontrol suara dan New Smart Assist, untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pengguna dalam penggunaan sehari-hari kendaraan ini.