Chery di Indonesia: Jejak Langkah, Inovasi, dan Rencana Produksi Mobil Listrik Lokal

Dapurpacu.com – Chery, salah satu perusahaan otomotif terkenal asal China, berencana untuk memulai produksi lokal mobil listrik mereka, Chery Omoda 5 EV, di Indonesia pada Desember 2023. Mobil listrik ini, yang diperkirakan akan dibanderol dengan harga mulai dari Rp 600 juta, dilengkapi berbagai fitur keselamatan canggih seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Electric Braking (AEB), serta Lane Departure Prevention (LDP).

Chery Automobile, didirikan di Republik Rakyat China, awalnya dikelola oleh Zhan Xialai dan Zhou Biren, berfokus untuk mengurangi kemiskinan melalui industri otomotif. Sejak awal pendiriannya, Chery telah menunjukkan semangat inovasi, dengan mengadaptasi teknologi dari berbagai perusahaan otomotif ternama lainnya.

Pada tahun-tahun awal produksi, Chery berhasil membangun reputasi sebagai produsen mobil pertama di China yang ekspor produknya. Pada 2009, Chery mencatat produksi lebih dari setengah juta unit mobil, dengan mayoritas adalah sedan.

Prestasi ini membawa Chery ke panggung internasional, memenangkan penghargaan International Convention on Quality Control Circles (ICQCC) dan memperluas pasar mereka ke lebih dari 80 negara, termasuk Indonesia.

Chery memasuki pasar otomotif Indonesia pada 2006 melalui kerjasama dengan Indomobil Group. Mereka memulai perjalanan mereka di Indonesia dengan meluncurkan city car Chery QQ dan SUV Tiggo 2.0L. Namun, karena beberapa kendala, Chery sempat menghentikan operasinya di Indonesia pada 2013.

Namun, setelah absen selama beberapa tahun, Chery kembali ke pasar Indonesia pada 2022, dengan meluncurkan beberapa model baru seperti Omoda 5 dan Tiggo series. Omoda 5 EV, yang dikembangkan selama 18 bulan, telah meraih sukses di berbagai pasar internasional sejak debutnya di Guangzhou Auto Show 2021.

Selain itu, Chery juga telah memasarkan Tiggo series di Indonesia, termasuk Chery Tiggo 7 Pro dan Chery Tiggo 8 Pro dengan mesin diesel 1.600 turbo.

Baca Juga:  Mobil Suzuki Karimun Tampil Dengan Custom Kekar Bergaya Offroad Di IJF

Dengan melihat ke depan ke era kendaraan cerdas, Chery juga telah berkolaborasi dengan beberapa perusahaan teknologi cerdas ternama seperti Horizon Robotics, Huawei, iFly Tek, dan Alibaba. Ini menunjukkan komitmen Chery untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini.