Blackauto Battle 2023 Di Surabaya Jadi Bukti Perang Wilayah Timur

Kota Surabaya kembali menunjukkan bagaimana bisa menggairahkan antusiasme para car enthusiast, dengan menggelar BlackAuto Battle 2023 (1/7) akhir pekan lalu.

Bertempat di Kota Raya Surabaya, Jawa Timur, kota ini menjadi juara kedua dalam kompetisi pertukaran yang diadakan tahun ini mewakili wilayah timur. Sebanyak 130 peserta ikut ambil bagian, mereka memamerkan berbagai modifikasi yang ditampilkan pada mobilnya, serta memperebutkan tiket final battle.

Sebagai informasi, pertama putaran pertama di Kabupaten Serpong, Tangerang Selatan, yang merupakan kota yang mewakili wilayah barat beberapa waktu lalu. Perwakilan Boy Prabowo mengatakan, Surabaya dipilih sendiri karena melihat animo pecinta mobil di kota pahlawan ini sangat tinggi.

Apalagi sebagai ibu kota Jawa Timur dan salah satu pintu gerbang Indonesia Timur, Surabaya memiliki segala yang dibutuhkan untuk membuat event sekaliber BlackAuto Battle. Di sisi lain, pemilihan Grand City sebagai tempat penyelenggaraan acara dinilai sebagai strategi yang sangat baik karena kawasan tersebut berada di pusat kota Surabaya.

Apalagi sebagai kota terbesar kedua setelah Jakarta, Surabaya juga merupakan rumah bagi para pecinta mobil, terutama yang suka perubahan, kata Boy. “Dengan demikian, implementasi undang-undang tersebut telah menggunakan jumlah peserta sebagai target yang ditetapkan. Demikian pula dengan jumlah pengunjung yang semakin meningkat,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin. Son menjelaskan, pada prinsipnya event BlackAuto Battle 2023 Surabaya tidak berbeda dengan penyelenggaraan di kota-kota sebelumnya.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu Culture untuk mewakili model paling trendi, stylish dan fashionable, dan Competition Cars untuk mewakili model progresif. Kedua kelas ini memiliki tipe ubahan yang berbeda, sehingga bisa memenuhi kebutuhan tuner untuk memilih kelas yang sama sesuai dengan selera mereka yang berubah. Juga, kedua kelas sedang tren di dunia modding. Dalam proses Surabaya, kami bekerja sama dengan tim APACT untuk merancang proses penjurian, dimana pemenang dari masing-masing wilayah akan mewakili wilayahnya untuk memenangkan ide terbaik dalam final battle di JEC Yogyakarta pada 21-22 Oktober 2023.

Baca Juga:  Daihatsu Rocky SUV Dengan Teknologi Terbaru

Boy mengatakan, di wilayah timur saat itu banyak kejutan yang membuat BlackAuto Battle menjadi ajang populer atau ajang revolusioner di negeri ini. “Salah satunya hadirnya tiga mobil racikan asli Jepang, yakni Nissan GTR HKS, Mitsubishi EVO IX JUNE dan Nissan Skyline R34 versi MINES,” lanjutnya.

Mengusung tema ‘Good Competition, Good Winner’, BlackAuto Battle 2023 menjanjikan perubahan yang tengah populer di industri mobil Indonesia. Selain memilih mobil modifikasi terbaik, BlackAuto Battle 2023 Surabaya juga menghadirkan uji performa mesin satu-satunya di Indonesia oleh BlackAuto Dynotest.

Dalam kompetisi ini, kekuatan mobil yang dimodifikasi diukur di bidang teknik secara langsung menggunakan alat bernama dynamometer dari Mainline Dynolog, salah satu produsen dyno terbaik di dunia, yang kerap dijadikan bendera. di banyak acara balap dan pertunjukan global. “Ada rekor, di mana pada kelas tempur diesel salah satu kendaraan peserta berhasil mencatatkan torsi mesin hingga 317 hp pada rodanya,” jelas Boy.

Sementara di kompetisi audio, Black Out Loud yang mempertandingkan tiga kategori kompetisi, SQ, SQL dan SPL, juga mencetak rekor baru. “Enjoyment juga terjadi di kelas Black Out Loud SQ dan SPL, dimana poin yang didapat mendekati EMMA-MECA-CAN sehubungan dengan pencapaian dB untuk SPL hingga 158 dB,” tutupnya.

Di kelas ini, EMMA (Eropa), MECA (Amerika) dan CAN (Indonesia-Asia) masih bertanggung jawab untuk mengecek dan mengidentifikasi pemenang di setiap kategori. Dari sistem pengukuran yang komprehensif, acara ini populer dan sekaligus menempatkannya dalam kompetisi car audio terbaik di Indonesia saat ini.

Selain itu, tiga besar di masing-masing wilayah akan dipilih untuk mengikuti putaran final 2023 di Yogyakarta Oktober mendatang. Berbagai event pun turut memeriahkan sirkuit Surabaya seperti Blackshot Challenge, db Muffler dan berbagai fun games serta aktivitas lainnya di booth Blackxperience.