Bahaya Menggunakan Bangku Tambahan Pada Depan Dek Motor

Perubahan skutik di Indonesia berbeda-beda. Dulu ada kursi rotan yang diletakkan di depan pengemudi sehingga anak-anak bisa duduk di depannya. Nah, untuk mengikuti perkembangan zaman, ada lagi tempat duduk untuk anak di bagian depan yang menggunakan bantalan. Model bangku cocok untuk skutik yang dek depannya tidak rata, seperti Honda PCX atau Yamaha NMax. Contoh produk tersebut bisa dilihat di unggahan akun Instagram ekapurnama42. Anda bisa melihat contoh produk yang dipasang langsung di depan pengendara, terdapat sandaran punggung dan sandaran tangan untuk anak.

Selain itu, sabuk pengaman dan bantalan juga terpasang di gagangnya. Mungkin tujuannya agar anak nyaman dan punggungnya empuk. Menanggapi produk tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani menjelaskan, perubahan dan penambahan jok depan juga harus mempertimbangkan aspek keselamatan. “Jangan biarkan perubahan itu membahayakan pengemudi. Perubahan seperti di video tidak disarankan untuk tempuh jarak jauh,” kata Agus kepada Dapurpacu.com, Minggu (18/6/2023).

Namun menurut Agus, tersesat, misalnya dalam jarak dekat seperti dalam komplek dan kecepatan rendah tidak menjadi masalah. Dan tentunya jika anak-anak berada di depan pengendara, konsentrasi bisa terbagi. “Bahayanya adalah pengemudi tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri, yang mempengaruhi cara dia mengemudi. Kemudian pengemudi juga akan khawatir dengan kondisi anak di depannya,” ujar Agus.

Selain itu, saat membonceng anak tempat paling aman adalah di belakang pengendara, bukan di depan. Karena itu, anak-anak terlindung dari angin dan bahaya lain di depan. Agus mengatakan, “Jika anak ditempatkan di depan, pengemudi harus siap dengan segala risiko, termasuk keisengan anak memainkan instrument yang ada pada setang kemudi.”

Baca Juga:  Perdana, Logo One Heart dan Satu Hati Terpampang di WSBK dan MXGP