All New Daihatsu Ayla Dengan Mesin 1.200cc 3 Silinder

Daihatsu Ayla baru mendapatkan beberapa pembaruan, salah satunya terkait mesin. Ayla generasi baru kini menggunakan mesin 1200cc 3 silinder. Awalnya, Ayla ditenagai oleh mesin 1.200cc 4 silinder yang mirip dengan yang digunakan pada model Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Mengapa Daihatsu mematikan mesin Daihatsu Ayla baru? Anjar Rosjadi, Director of Product Strategy Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan, perubahan mesin Ayla dari 4 silinder menjadi 3 silinder bertujuan untuk mencari performa yang setara, dan performa yang baik. Karena mesin 3 silinder memiliki desain yang lebih kompak dibanding mesin 4 silinder, maka bobot mobil akan lebih ringan. Sementara soal masalah getaran yang biasa terjadi pada mesin 3 silinder pada umumnya, Anjar mengatakan getaran mesin 3 silinder Daihatsu Ayla baru sangat baik.

“(Dengan mesin 3 silinder) fungsi utama yang ingin kami temukan adalah kenyamanan berkendara, performa mobil dan efisiensi bahan bakar,” kata Anjar kepada wartawan di sela-sela proyek penelitian mobil baru tersebut. Daihatsu Ayla di Yogyakarta, Kamis. (11/11/2019).5/2023. “Bicara mesin 3 silinder punya ciri khas tersendiri. Tapi kalau bicara Ayla 1200 dulu dan Ayla 1200 sekarang beda, yang 4 silinder sekarang jadi 3 silinder. Tapi secara keseluruhan, ngomong-ngomong, getaran ini bisa saling menyeimbangkan (tidak banyak perbedaan). Tapi di satu sisi rasanya enak karena bekerja dengan energi yang baik. Dalam bobot yang ringan, dalam jangka panjang rasio bobot dapat memberikan efisiensi bahan bakar yang baik,” lanjut Anjar.

Sekadar informasi, New Daihatsu Ayla menggunakan mesin 3 silinder 1200cc yang sama dengan yang digunakan pada model SUV kompak Daihatsu Rocky. Mesin 1198 cc berkode WA-VE, teknologi DOHC, Dual VVT-i, dan 12 valves mampu menghasilkan tenaga maksimal 88 PS (86,7 hp) pada 6000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm. . . Sebagai perbandingan, Daihatsu Ayla menggunakan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan kode 3NR-VE yang mampu menghasilkan tenaga 86,5 hp dan torsi maksimal 107,6 Nm.

Baca Juga:  Ganjil Genap Akan Diberlakukan Di Jalan Tol Trans Jawa Saat Lalu Lintas Kembali Normal