Veloz Dan Raize Di-Recall Di Filipina Gimana Di Indonesia?

DAPURPACU.COM – Departemen Perdagangan dan Perindustrian Filipina mengumumkan program recall terhadap mobil-mobil Toyota. Toyota Avanza, Veloz dan Raize terdampak recall karena masalah pada sistem pengereman. Autoindustriya dan CarGuide.ph, Departemen Perdagangan dan Perindustrian Region 12 Filipina di akun media sosialnya mengumumkan bahwa ketiga mobil Toyota tersebut harus diperbaiki bagian sistem pengereman. Komponen Slide Pin Boot pada sistem rem perlu diganti dalam kampanye recall ini.

“Karena adanya kesalahan perakitan pada jalur perakitan kaliper rem, alat perakitan mengganggu slide pin boots pada saat perakitan, sehingga menyebabkan kerusakan pada boots. Jika air masuk ke dalam slide pin boots dan menyebabkan karat, hal ini dapat menyebabkan keausan dini pada kampas rem,” demikian dikutip dari unggahan Departemen Perdagangan dan Perindustrian Region 12 Filipina.

Toyota akan mengganti disc brake cylinder slide depan. Jika diperlukan, juga akan dilakukan penggantian brake cylinder mounting. Penggantian ini gratis.

Sebanyak 10.975 unit mobil Toyota terdampak dalam recall ini. Berikut rinciannya:

1. Raize periode produksi 12 September-7 Desember 2022: 4.345 unit
2. Avanza periode produksi 12 September-11 Desember 2022: 3.119 unit
3. Veloz periode produksi 12 September-13 Desember 2022: 3.511 unit.

Toyota juga melakukan recall terhadap model Avanza dan Veloz di Filipina karena masalah pada side impact beam. Ditemukan kesalahan pengelasan pada bagian side impact beam pada kedua model tersebut. Adapun unit yang terdampak yaitu Avanza periode produksi 3 November-24 November 2022 sebanyak 1.285 unit dan Veloz periode produksi 3 November-24 November 2022 sebanyak 1.471 unit.

“Karena kondisi pengelasan yang tidak tepat pada side impact beam di dalam pintu depan kanan, ada kemungkinan kekuatan pengelasan tidak mencukupi saat terjadi benturan samping, dan dalam kasus terburuk, kinerjanya mungkin tidak sesuai dengan yang direncanakan, yang dapat menyebabkan cedera berlebihan pada penumpang kendaraan,” tulisnya.

Baca Juga:  Daftar Mobil Baru Dengan Harga Rp100 Juta

Bagaimana dengan unit Avanza, Veloz dan Raize di Indonesia? Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM),AntonJimmiSuwandy, mengatakan pihaknya akan mengecek apakah unit di Indonesia terdampak. Sebab, kata Anton, ada kemungkinan perbedaan spesifikasi di setiap negara.

“Saya tidak bisa memberikan statement untuk market negara lain ya. Tapi terkait recall tersebut sedang kami coba cek dan koordinasikan di internal apakah memang produk yang dijual di pasar Indonesia terkena recall tersebut. Karena setiap negara memiliki spesifikasi yang berbeda.