Untuk Uji Coba Baterai Ev, Bmw Menggelontorkan Dana Rp 1,6 Triliun

Dapurpacu.com – BMW resmi menginvestasikan dana sebesar 100 juta euro atau Rp 1,6 triliun pada fasilitas pengujian baterai baru di lokasi Wackersdorf di Upper Saxon, Jerman, dalam upaya merangkul tren elektrifikasi.

Tujuan dari investasi signifikan pada ekosistem kendaraan listrik ini adalah untuk menguji teknologi baru dan meningkatkan infrastruktur yang sudah ada. Pelat lantai baru pada bangunan akan dipasang sebagai bagian dari rencana perubahan struktur.

Manajer pusat tes BMW Christoph Peters mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa lokasi BMW Group di Wackersdorf “akan menjadi fasilitator utama transformasi menuju elektromobilitas.”.

Fasilitas ini akan menampung beberapa “penguji baterai” setelah beroperasi. Kinerja kelistrikan setiap sel baterai akan dinilai menggunakan perangkat ini dalam berbagai skenario.

Hal ini memungkinkan untuk mensimulasikan kasus penggunaan di dunia nyata sebelum mobil prototipe pertama diluncurkan. Fasilitas ini pada awalnya akan dapat menguji beberapa ratus sel baterai secara paralel, dengan kapasitas pasca-ramp-up diperkirakan mencapai beberapa ribu sel baterai.

Fasilitas tersebut akan berubah menjadi pusat validasi armada listrik BMW ketika proyek mencapai tahap akhir pada tahun 2025. Dengan menggunakan “pengocok” yang unik, baterai akan melalui beberapa pengujian, termasuk uji getaran dan guncangan.

Untuk persetujuan jenis kendaraan listrik, menurutnya, penting untuk melakukan penilaian yang mensimulasikan pola mengemudi dan siklus pengisian daya yang kompleks.

“Ini akan menjadi area aktivitas utama keempat Wackersdorf, selain memasok pabrik kami saat ini di luar negeri, produksi kokpit yang dimulai pada tahun 2024, dan produksi pintu untuk model Rolls-Royce. Kelangsungan lokasi kami di masa depan akan diperkuat, tambahnya.

Baca Juga:  Beli Toyota bZ4X mendadak susah, alhasil diler diminta tutup SPK