Toyota Kembangkan Mobil Sport Listrik Dengan Transmisi Manual

Toyota Gazoo Racing (GR) akan memproduksi mobil sport listrik pertamanya. Sebuah mobil sport listrik seharusnya memiliki performa 11 hingga 12 kali lipat dari mobil sport berbahan bakar bensin (BBM). Hal tersebut secara khusus disampaikan oleh CEO dan mantan CEO Toyota, Akio Toyoda. Bahkan menurutnya, akan sulit bagi pengemudi untuk membedakan mesin mobil listrik ini dengan internal combustion engine (ICE). “Jika Anda memasukkan seseorang ke dalam mobil dan meminta mereka untuk mengemudikannya, mereka mungkin tidak dapat memprediksi keretanya,” kata Toyoda, menurut autoblog.

Terkait hal tersebut, Toyoda juga mengatakan bahwa pengalaman berkendara merupakan faktor terpenting dalam pengembangan mobil sport listrik. Selain powertrain, yang terpenting mobil ini fun to drive.

“Saya tidak tahu apakah mobil itu akan laku, tetapi hal pertama yang penting dalam menciptakan mobil jenis ini adalah menyenangkan untuk dikendarai, berapa pun tenaga yang mereka gunakan,” katanya. Untuk itu, mobil sport ini akan disempurnakan dengan suara mesin buatan yang masuk ke dalam kabin, dan transmisi manual EV yang telah lama ditunggu-tunggu.

Juga akan dibuat serealistis mungkin agar terlihat seperti mobil sport dengan mesin biasa. “Perbedaan terbesar dari BEV lain yang kami kembangkan adalah ketika Anda berada di dalam GR BEV, Anda dapat mendengar suara mesinnya, dan ada transmisi manual dengan kopling,” katanya.

Jika dikembangkan dengan baik, teknologi ini akan menarik untuk dipelajari. Pasalnya, teknologi transmisi manual dan mobil listrik benar-benar sesuatu yang tidak bisa dipadukan hingga saat ini.

Sifat masa depan

Di sisi lain, Toyota akan mempertahankan mobil listrik versi sekarang untuk masa depan. Meski dari segi performa, mobil sport listrik didesain sama dengan mobil bertenaga bensin. Namun, tampaknya Toyota tidak mau mencoret rencana kendaraan listrik (EV) dari mobil sportnya. Oleh karena itu, Toyota merencanakan masa depan. Sayangnya, hingga saat ini Toyota belum mengungkap penampakan mobil sport misterius tersebut.

Baca Juga:  Kejayaan Wuling Air EV di Indonesia Mulai TerancamSama Mobil Listrik Lainnya

Namun berdasarkan informasi di atas, kemungkinan tampilan mobil sport listrik tersebut akan mirip dengan mobil listrik pada umumnya.