Ternyata Ini Singkatan LX Di Yamaha Lexi

DAPURPACU.COM – Yamaha Lexi sekarang menggunakan embel-embel “LX”. Ternyata bukan akronim luxury, lantas apa singkatan “LX” pada Lexi terbaru itu?
Sekarang motor termurah di keluarga Maxi Series itu punya nama Lexi LX 155. Kapasitas mesinnya lebih gede tapi tetap menawarkan keleluasaan pada ruang kaki, konsep yang ditawarkan seperti Lexi sebelumnya. Berbeda dari model Nmax, Aerox, dan Xmax yang masuk keluarga Maxi.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing melakukan peningkatan mesin pada Lexi atas permintaan konsumen Indonesia. Orang sini menginginkan Lexi punya power lebih besar.

“Satu karena dia (Lexi) masuk dalam kategori Maxi, dan body size lebih besar, dan konsumen itu mengharapkan kelasnya lebih tinggi. Sedangkan di 125 cc, Yamaha sudah memiliki berbagai model blue core seperti Mio, Gear, Freego, Fazzio dan sebagainya. Jadi ini naik kelas,” jelas Presiden Direktur dan CEO PT YIMM Dyonisius Beti di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Nah untuk Lexi kita fasilitasi bagi mereka yang suka Maxi Yamaha tetapi ingin punya flat deck dan keleluasaan ruang kaki. Ini kan beda dibanding sodaranya yang lain,” ujar Antonius Widiantoro selaku Asst. General Manager Marketing & Public Relation PT YIMM.

“Jadi itu dipertahankan tetapi kita kasih mesin yang lebih besar, fitur Y-Connect, full speedometer dan lampu LED. Harapannya bisa memberi lebih banyak pilihan konsumen,” tambahnya lagi.

Mesin terbaru pada Lexi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW (15,1 hp) di 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm pada 6500 rpm. Selain itu, mesin Lexi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled.

Baca Juga:  Dealer Yamaha Di Medan Mengoleksi Motor Tua Yang Sudah Tak Dijual Lagi Di Indonesia

Sebagai pembanding, Aerox mencapai 11,3 kW (15,1 hp) di 8.000 rpm dengan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Pun di atas kertas performanya sama dengan Nmax.

Hanya saja dengan mesin yang sama tapi bobot Lexi paling ringan di antara model Maxi Series yang lain. Yamaha Nmax punya bobot isi; 130 kg (Standar dan Connected Version) dan 132 kg (Connected/ABS Version), lalu Aerox; 125 kg (ABS) dan 122 kg (Standard Version), dan Lexi LX; 116 kg (Standar), 117 kg (S Version) dan 118 kg (Connected/ABS).

Soal harga, Lexi ditawarkan dalam tiga varian. Berikut daftarnya:

1. Lexi LX 155 Connected ABS dengan warna Magma Black dijual Rp. 29.900.000 (harga rekomendasi OTR Jakarta)
2. Lexi LX 155 S version dengan wara Magma Black, Elixir Dark Silver dan Matte Red dibanderol harga Rp 26.850.000
3. Lexi LX 155 Standar dengan warna Metallic Black, Matte Grey dan Metallic Red dijual Rp. 25.350.000.