Spesifikasi Dari Mobil Listrik Genesis G80 Electrified Milik Erick Thohir

Genesis G80 Electrified merupakan salah satu mobil yang memenuhi garasi Menteri BUMN Erick Thohir. Seperti apa spesifikasi mobil listrik yang digunakan Presiden pada KTT G20 di Bali? Hyundai meminjam ratusan unit Genesis G80 Electrified untuk KTT G20 yang digelar di Bali akhir tahun lalu. Mobil listrik kelas atas Hyundai digunakan oleh banyak pemimpin kota yang tidak membawa mobilnya ke Pulau Dewata. Setelah KTT G20, pemerintah mengembalikan pinjaman kepada pembuat mobil.

“Karena kami meminjamnya, kami harus mengembalikannya kepada mereka. Mungkin harus dijual atau tidak, terserah mereka. Tapi yang jelas mereka memberi kami hadiah dengan meminjamkan ini,” kata Menlu Setya Utama dalam unggahan di Youtube Sekjen Presiden usai pertemuan G20. Umumnya pabrikan akan menjual kembali kendaraan tersebut. Namun, pada November tahun lalu, Hyundai tidak menjelaskan secara detail di mana basis mobil listrik Genesis G80 itu. Namun, ada dealer mobil yang menawarkan mobil listrik untuk dijual di pasaran.

Sejauh ini, Hyundai sendiri belum menjual Genesis G80 Electrified di Indonesia. Belakangan diketahui salah satu pemilik mobil listrik kelas atas adalah Menteri BUMN Erick Thohir. Hal itu terlihat dari Laporan Ekonomi Penyelenggara Layanan Publik (LHKPN) Erick untuk akuisisi 2022. Mobil listrik Genesis G80 2022 adalah salah satu dari empat mobil Erick. Soal spesifikasi, mobil listrik ini didatangkan langsung dari Korea Selatan. Mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 427 kilometer setelah diisi baterainya. Untuk mengisi daya, dengan pengisian cepat 800V, pengisian daya dari 10% hingga 80% hanya membutuhkan waktu 22 menit. Dalam kondisi pengisian daya normal, pengisian daya dari 10% hingga 100% membutuhkan waktu 9 jam.

Baca Juga:  Subaru dan The North Face Meluncurkan Koleksi Kapsul Crosstrek

Genesis Electrified G80 memiliki baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh. Mobil ini memiliki 2 motor listrik yang dipasang di depan dan belakang. Artinya, mobil ini memiliki sistem penggerak semua roda alias e-AWD. Genesis Electrified G80 memiliki tenaga sebesar 272 kW setara dengan 364,7 hp yang dihasilkan oleh 2 motor listrik. Masing-masing motor listrik tersebut mampu menghasilkan torsi 350 Nm. Alhasil, mobil ini memiliki total torsi 700 Nm. Berkat desain performa tersebut, Genesis Electrified G80 mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 4,9 detik. Soal harga, LHKPN Erick Thohir mengetahui mobil listrik ini ditaksir Rp 1,673 miliar.