Perhatikan Kondisi Rem Mobil Dari Reservoir Untuk Keselamatan Perjalanan

Rem merupakan bagian dari mobil dan berperan sangat penting dalam keselamatan pengemudi. Harus dipastikan pengoperasian rem selalu baik untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan terutama rem blong. Kondisi rem harus diperiksa secara berkala di pabrik. Namun, ada beberapa kondisi yang sebenarnya bisa diketahui dari minyak rem di reservoir.

CEO Nama Motor Aji Dwi Nugroho mengatakan, kondisi sistem rem mobil masih rutin dicek di tempat parkir, namun kondisi berbeda bisa dicek dari kolam. “Kadar minyak rem akan semakin berkurang seiring mobil digunakan karena semakin kuat minyak rem maka semakin sedikit pula kadar minyak rem yang turun ke level minimum,” ujar Aji seperti dikutip Dapurpacu.com, Selasa (20/6/2023).

Aji mengatakan, saat minyak rem berada di level minimum, mesin bisa saja berubah posisi dan membuat minyak rem tampak jalan. Semakin kuat rem, posisi piston akan semakin dekat dengan rem aktif. Oleh karena itu, celah minyak rem akan bertambah dan menyebabkan levelnya turun.

“Logikanya minyak rem tidak akan berkurang karena di sirkuit tertutup, bisa berkurang jika ada masalah,” jelas Aji. Menurut Aji, banyak masalah yang bisa menyebabkan kadar minyak rem turun. Bisa jadi karena kampas rem sudah tipis atau minyak rem bocor. Aji mengatakan, “Kalau turun dalam jangka waktu lama, bisa satu atau dua tahun akibat pengurangan rem.”

Minyak rem akan berkurang jika bocor di banyak tempat, terlihat atau tidak, seperti jika ada masalah pada rem. “Selain itu, bisa juga dari seal rem di tiap roda, selang atau di master rem, biasanya terdeteksi saat perawatan rem berkala,” kata Aji. Penurunan minyak rem juga bisa terjadi akibat penguapan yang sering ditandai dengan perubahan warna.

Baca Juga:  Auto2000 Berikan Kemudahan Memiliki All-New Toyota Agya, Bisa Trade-in Loh

Oleh karena itu, bila level minyak rem turun dan lebih gelap dari biasanya, mungkin tidak baik. “Kualitas minyak rem yang buruk menandakan warnanya menjadi agak hitam karena kadar air yang meningkat,” kata Aji. Jika kualitasnya kurang baik, Aji menyarankan segera kuras minyak rem agar performanya kembali seperti semula.