Penjualan Mobil Listrik Porsche Taycan Turun 3,4% Pada Kuartal Pertama 2023

Seorang model berpose di dekat mobil listrik Porsche Taycan Turbo yang dipamerkan dalam pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Kamis, 11 Agustus

Dapurpacu.com Porsche telah mengumumkan data penjualan mobil global untuk kuartal pertama tahun 2023. Menurut laporan mereka, model listrik Porsche Taycan mengalami penurunan sebesar 3,4% selama periode tersebut. Pada kuartal pertama 2023, Porsche Taycan elektrik bisa terjual 9.152 unit. Angka penjualan mobil tersebut meliputi tiga model, yakni Taycan, Taycan Cross Turismo, dan Taycan GTS. Pangsa pasar Porsche Taycan elektrik juga dikatakan turun dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

dapurpacu.com

Tahun lalu modelnya bisa mencapai hampir 14%, sedangkan tahun ini hanya sekitar 11,3%. Penurunan penjualan mobil Porsche disebut-sebut telah menyebabkan gangguan rantai pasokan yang berkelanjutan. Namun, sejauh ini pabrikan mobil mewah asal Jerman itu berharap keadaan segera membaik. Porsche mengatakan penyebab penurunan penjualan mobilnya masih menjadi kendala di industri mobil. Jika kondisi mulai membaik, diharapkan mobil listrik Porsche Taycan terjual hingga 40.000 unit pada 2023. Selain itu, Porsche menyebut penjualan mobil globalnya meningkat pada kuartal pertama 2023. Mereka bisa menjual 80.767 unit, naik 18% dari periode yang sama tahun lalu. Meski begitu, hingga saat ini Porsche belum mampu meningkatkan penjualan mobil listriknya. Pada tahun 2022 saja, Porsche dapat mengirimkan 34.801 mobil listrik, turun 16% dari tahun lalu.

Baca Juga:  Akibat Skandal Uji Tabrak, Toyota Raize Hybrid Dan Daihatsu Rocky Hybrid Penjualannya Dihentikan