Neta Bersiap Menggebrak Industri Otomotif Indonesia Dengan Perakitan Mobil Listrik Pada Kuartal Kedua 2024

Dapurpacu.com melaporkan bahwa, di tengah popularitas sepeda motor listrik yang sedang meningkat di Indonesia, negara ini pernah menciptakan sepeda motor hybrid pertama hasil karya lokal. Yang unik, model ini dapat beroperasi menggunakan gas dari tabung berat 3kg. Pada tanggal 28 November 2023, sepeda motor hybrid tersebut, yang dikenal sebagai Kanzen Hybrid, diproduksi oleh PT Inti Kanzen Motor (IKM). Kendaraan ini pertama kali diperkenalkan ke publik pada Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2008. Kanzen Hybrid dirancang berdasarkan model sepeda motor Kanzen Taurus Ultima dan menjadi sepeda motor pertama di Indonesia yang beroperasi menggunakan dua jenis bahan bakar, yaitu bensin dan gas.

Nono Sumarno, desainer produk IKM, menyatakan bahwa Kanzen Hybrid dapat beroperasi menggunakan gas LPG 3kg yang biasa digunakan sehari-hari di dapur rumah. Dengan tabung gas berat 3kg, motor ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 250km. Jika bahan bakar bensin habis, sepeda motor akan secara otomatis beralih ke bahan bakar gas, dan sebaliknya.

Namun, terdapat kendala dalam operasional Kanzen Hybrid, yaitu keterbatasan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah Jakarta saat itu. Sementara itu, sepeda motor hybrid tersebut masih berstatus sebagai prototipe dan berada dalam tahap pengujian. Sayangnya, pengembangan sepeda motor hybrid ini tidak dapat dilanjutkan karena Kanzen harus menghentikan operasionalnya pada tahun 2010 karena tidak mampu bersaing dengan sepeda motor impor dari China.

Meski begitu, Kanzen telah meninggalkan jejak penting dalam sejarah industri sepeda motor di Indonesia. Kanzen adalah merk sepeda motor yang didirikan pada tahun 2000 oleh PT Semesta Citra Motorindo (SCM). Merek ini sering dianggap sebagai produk impor dari China, mengingat pada saat itu pasar sepeda motor Indonesia sedang dipenuhi oleh produk dari negeri tersebut. Sebagai informasi tambahan, Kanzen telah meluncurkan beberapa model sepeda motor seperti Kanzen Scudetto, Taurus, Taurus Ultima, Pesona, dan Kelena. Kanzen juga tercatat sebagai satu-satunya merk sepeda motor Indonesia yang menjadi anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Baca Juga:  DFSK & Seres E1 Gelar Pameran di Kota-kota ini, Catat Tanggalnya