Mobil Terbaru BMW Seri 5 Generasi Resmi Diluncurkan

Pembuat mobil Jerman BMW menghadirkan generasi baru sedan kelas menengahnya, Seri 5 G60. Dirilis sebagai generasi kedelapan, BMW Seri 5 hadir dengan tampilan yang ditingkatkan dan interior yang canggih. Saat peluncuran, BMW tidak hanya menghadirkan Seri 5 “murni” dengan mesin pembakaran internal (ICE), tetapi juga menampilkan generasi baru Seri 5 dan varian listrik i5 dan i5 M60. Lantas apa bedanya Seri 5 generasi baru ini dengan generasi lama? Berbeda dengan keluarga 3 ICE dan elektrik yang memiliki bentuk bodi berbeda yakni seri i3 dan 3, BMW kini memilih membakukan bentuk bodi varian ICE dan elektrik untuk seri 5.

Secara umum, seri 5 terbaru berukuran lebih besar. Dimensi bertambah 97mm untuk panjang menjadi 5060mm, bertambah 32mm untuk lebar menjadi 1900mm dan bertambah 36mm untuk tinggi menjadi 1515mm. Juga, jarak sumbu roda diperpanjang 20 mm menjadi 2.995 mm. Dari segi desain, karakter kuat Seri 5 tetap dipertahankan. Mobil ini hadir dengan garis interior yang sporty dan sporty. Menengok ke depan, gril BMW dan lampu depan kembar masih dipertahankan. Sedangkan dari samping, mobil ini terlihat lebih mumpuni dari generasi sebelumnya. Ini karena BMW mendesain ulang garis bahu atau bone line dan menambahkan 5 tone pada hofmeister kink. Selanjutnya, tampilan belakang mobil ini juga diperbarui dengan sistem lampu rem modern. Kehadiran pemain “offside” di atas juga memberikan karakter yang lebih.

Kemudian, melihat ke dalam, Anda akan menemukan pola kokpit yang mengikuti bahasa desain kontemporer BMW. Tombol shift drive mode, head unit dan transmisi juga mengikuti model yang ditingkatkan dari i4 ke iX. Menariknya, Seri 5 adalah BMW pertama yang memiliki interior yang sepenuhnya vegan. BMW Seri 5 baru hadir dalam banyak powertrain, mulai dari mesin ICE, Plug-in Hybrid (PHEV), hingga listrik murni. BMW mengatakan bahwa mesin bensin-diesel baru yang dikawinkan dengan Seri 5 adalah hasil karya BMW Group Efficient Dynamics dan akan bervariasi dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Di pasar Eropa, BMW memperkenalkan 520i Sedan dengan mesin bensin 2.000 cc segaris 4 silinder yang diklaim mampu menyemburkan tenaga 205 hp. Selain itu, ada sedan 520d hingga 520d xDrive dengan tenaga 197 HP. Sedangkan mesin ICE lainnya dengan konfigurasi 4 hingga 6 silinder didatangkan BMW di wilayah lain di luar Eropa.

Baca Juga:  3 cara mudah mencari rest area terdekat dengan menggunakan HP

“Model ini akan tersedia pada musim semi 2024 dengan opsi hybrid generasi baru. Mesin diesel long-head baru akan tersedia untuk BMW Seri 5 Sedan mulai tahun 2024. Sementara itu, varian BMW i5 lainnya (diyakini elektrik) dengan penggerak semua roda juga akan menyusul pada tahun 2024. BMW memperkenalkan iDrive generasi baru dalam Seri 5. Tidak hanya itu, sistem BMW 8.5 menyediakan banyak fitur yang akan memudahkan pengemudi. Salah satu fitur baru yang menarik dari BMW Seri 5 adalah hadirnya layanan video streaming yang memungkinkan penumpang untuk bermain game. BMW memperkenalkan platform AirConsole agar layar hiburan mobil bisa digunakan untuk bermain game saat mobil tidak bergerak. Sementara itu, fitur-fitur lain yang umum dimiliki BMW generasi saat ini juga tersedia di BMW Seri 5, seperti BMW Digital Key Plus, antena ponsel 5G, personal eSim, dan BMW ID.