Merek Mobil Listrik Terlaris Dunia Meluncur Di Indonesia

DAPURPACU.COM – Merek mobil listrik terlaris dunia asal China, BYD, akan meluncurkan mobil listriknya di Indonesia. Setelah bermain di kendaraan komersial dengan menyediakan bus listrik untuk TransJakarta dan taksi listrik untuk Bluebird, BYD akan menjual kendaraan penumpang.

Kepastian BYD meluncurkan mobil listrik di Indonesia diketahui dari undangan yang diterima redaksi. Tak butuh waktu lama untuk peluncuran BYD di Indonesia. Produsen otomotif yang berbasis di Shenzhen, China, itu akan meluncurkan mobil listrik di Indonesia pekan depan.

“Januari 2024 ini akan menjadi debut bagi BYD untuk meramaikan pasar kendaraan penumpang di Indonesia sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang global BYD,” demikian dikutip dari surat undangan BYD yang diterima redaksi detikOto, Rabu (10/1/2024).

“Dengan produk-produk New Energy Vehicle (NEV) yang mutakhir, BYD akan turut berkontribusi membangun ekosistem kendaraan ramah lingkungan yang saat ini juga sedang digencarkan oleh pemerintah guna mereduksi emisi gas buang,” katanya.

Menurut undangannya, BYD akan melakukan seremonial peluncuran merek dan produk pada Kamis (18/1/2024) pekan depan. Peluncuran dilaksanakan di kawasan Jakarta Timur. Rencananya, peluncuran BYD akan dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Belum diketahui mobil listrik BYD apa yang akan diluncurkan dan dijual di Indonesia. Namun, BYD sudah menguji beberapa mobil listriknya di Indonesia. Beredar kabar BYD akan menjual mobil listrik BYD Atto 3 dan BYD Seal. Sebab, keduanya telah tertangkap kamera sedang diuji coba di jalanan Indonesia.

Ditemui di kantor pusat BYD, General Manager BYD Asia-Pasific Auto Sales Division Liu Xueliang mengkonfirmasi bahwa BYD sedang menguji coba Atto 3 dan Seal di Indonesia.

Baca Juga:  Harga Mobil Hybrid Terbaik 2023

“Ya memang benar kami melakukan uji jalan untuk BYD Atto 3 dan BYD Seal di Jakarta,” ucap Liu saat ditemui di kantor pusat BYD di Shenzhen, China, Desember lalu.

Jadi, apakah itu berarti kedua mobil listrik tersebut akan dijual di Indonesia? Menjawab pertanyaan itu, Liu justru bertanya balik. “Jika kami tidak melakukan penjualan, apakah kami perlu mengujinya di sana?” ujarnya.

“Maaf, saat semuanya sudah matang, kami akan menggunakan waktu tersebut untuk mengumumkan secara resmi menjawab pertanyaan Anda mengenai model produk (yang dijual di Indonesia),” pungkasnya.

Bicara soal BYD, merek mobil asal China ini dinyatakan menjadi merek NEV terlaris di dunia. BYD mengklaim telah menjual tiga juta unit NEV (termasuk mobil listrik dan plug-in hybrid) di seluruh dunia sepanjang tahun 2023. Angka tersebut jauh meninggalkan Tesla, yang pada laporan akhir tahunnya menyebut berhasil menjual 1,8 juta mobil listrik di kolong langit.

Angka penjualan BYD mencakup juga mobil BEV dan mobil hybrid. Disebutkan BYD telah menjual 1,6 juta mobil full BEV, sementara 1,4 juta lainnya merupakan mobil hybrid.