Lebaran 2023 Semua Mobil Truk Besar Kelebihan Muatan

Dapurpacu.com – Badan Transportasi Indonesia (MTI) mengungkapkan saat mudik lebaran 2023, hampir 100% truk bermuatan kargo atau ODOL (overweight).

Truk ODOL atau truk besar terlihat naik kapal menuju Pulau Sumatera. “Jarang ditemukan kendaraan kargo yang tidak terlalu besar dan terlalu berat,” kata Deputi Bidang Promosi dan Pengembangan Wilayah MTI Djoko Setijowarno kepada Tempo.co hari ini, Rabu, 26 April 2023.

Djoko menjelaskan, masih banyak truk yang membawa muatan dan memiliki as roda besar serta rela mengangkut barang lain selain yang ditentukan dalam undang-undang bersama, seperti furnitur dan sepeda motor. Saat kembali dari Lebaran 2023, Kemenhub, Korlantas Polri dan PT Bina Marga mengeluarkan Surat Perintah Bersama KP-DRJD 2616 Tahun 2023 Nomor SKB/48/IV/2023 Nomor 05/PKS/DB/2023.

dapurpacu.com
SKB memiliki aturan jalan dan perlintasan sebidang pada saat mudik dan Lebaran tahun 2023/1444 Hijriah. Undang-undang tersebut menyatakan bahwa pembatasan pengoperasian dan pengangkutan barang tidak berlaku untuk pengangkutan barang seperti bahan bakar minyak (BBM) atau solar, pengiriman uang, ternak, pupuk, pergerakan bebas sepeda motor dan barang lainnya.

Komoditi yang dimaksud antara lain beras, tepung jagung, tepung terigu, tepung tapioka, jagung, gula, sayuran, buah-buahan, daging, ikan, unggas, minyak goreng, susu, telur, garam, kedelai, bawang merah dan merica. . Djoko dari MTI mengusulkan agar program Zero ODOL diterapkan di penyeberangan pelabuhan Merak-Bakauheni. Jika berhasil, program tersebut dapat dilaksanakan secara bertahap untuk melewati titik transit dan pelabuhan lainnya.

Baca Juga:  Lebaran 2023 dari Bandung ke Tol Cipali bisa dilakukan melalui Tol Cisumdawu