Jadi Begini Perbedaan Antara Ganti Oli dan Kuras Oli Mobil

dapurpacu.com – Mengingat kompleksitas dan komputerisasi yang meningkat, kendaraan transmisi otomatis, atau otomatis, membutuhkan lebih banyak perawatan.

Secara khusus, penggantian oli transmisi otomatis diperlukan sebagai bagian dari perawatan rutin.

Menurut Hermas Prabowo, pemilik bengkel transmisi Worner Matic, baik model transmisi otomatis konvensional maupun CVT biasanya membutuhkan 3 hingga 4 liter oli untuk penggantian oli.

Prosedur pengurasan oli berbeda dan bisa mencapai 12 liter. Hermas mengatakan, penirisan minyak membutuhkan waktu cukup lama.

Yang membuatnya berbeda adalah Hanya oli otomatis di bak mesin (penampung oli) yang diganti selama penggantian oli.

Seluruh oli sistem transmisi sedang dilepas atau diganti saat proses pengurasan berlangsung. Itu membutuhkan lebih banyak minyak.

Setiap kali mobil menempuh jarak 15.000 km, dipahami bahwa prosedur penggantian oli harus dilakukan. 50.000 km menandai waktu pengurasan oli selesai.

Hermas berpendapat bahwa pemahaman ini tidak sepenuhnya akurat. Anda tidak perlu menguras oli jika rajin melakukan penggantian oli otomatis sesuai jadwal.

Jika oli transmisi dalam kondisi yang sangat buruk sehingga tidak dapat lagi melumasi dengan baik, diperlukan pengurasan.

Gejala transmisi yang kinerjanya kurang baik biasanya muncul.

“Misalnya ada delay saat perpindahan (ganti gigi). Selain itu, mungkin ada suara mendengung,” kata Hermas.

Hermas juga mengingatkan agar jarak tempuh tidak menjadi faktor penggantian oli transmisi saat ini.

Membuat jarak tempuh tidak lagi penting mengingat kondisi lalu lintas yang macet.

Di masa lalu, biasanya dibutuhkan waktu 20 hingga 30 menit untuk menempuh jarak 10 km, namun saat ini, dibutuhkan waktu satu jam atau lebih.

Sebuah mobil dapat menempuh jarak lebih dari 10 km dalam satu jam, menurut perhitungan normal.

Baca Juga:  All New Mazda CX-60 Resmi Luncur Di Indonesia

Menurutnya, mereka yang biasa mengganti oli matic setiap 10.000 kilometer harus berakselerasi menjadi 7.000 atau 8.000 kilometer karena macet dan waktu kerja komponen yang lebih lama.