Harganya Hanya Rp 40 Jutaan, Karena Itulah Honda City Type Z Tergolong Tinggi Di Kelasnya

Dapurpacu.com – Mobil sedan yang hadir di awal tahun 2000-an masih diminati masyarakat Indonesia, murahnya menjadi alasan utama.

Salah satunya adalah Honda City Type Z, dibandingkan kompetitornya, sedan kompak berkapasitas 1500cc ini memiliki keunggulan di kelasnya lho. Pertama mari kita bahas sedikit sejarahnya, Honda City generasi ketiga atau yang pertama di Indonesia diluncurkan sejak tahun 1996.

Namun sebelumnya sedan entry level Honda ini menggunakan mesin 1343 cc yang saat itu masih berupa karburator. Varian injeksi bahan bakar diperkenalkan pada facelift City 1997 sebagai City EXi.

Baru pada tahun 2000 kota ini mendapat facelift lagi, nama EXi diubah menjadi Persona tetapi masih injeksi, bukan VTEC. Honda juga membuat City VTi dengan mesin yang lebih bertenaga berkat teknologi VTEC, namun City VTi ini lebih populer dibandingkan dengan nama City Type Z.

dapurpacu.com

Saat itu, ada sedan entry level Suzuki Baleno Millennium, Toyota Soluna, Hyundai Accent, dan Timor S515i. Dibandingkan para rivalnya, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda City Type Z merupakan entry level yang lebih baik di kelasnya karena teknologi mesin Honda City Type Z lebih canggih berkat variable valve timing yaitu VTEC (Variable Valve Timing and Electronic Kontrol Angkat).

Berkat teknologi VTEC City Type Z, membuat City Type Z nyaman dengan tenaga 115 hp dan torsi 139 Nm.

“City Z memiliki keunggulan teknologi katup variabel yaitu VTEC, jika melihat kompetitor pada saat itu, teknologi (katup variabel) belum ada,” kata Gito, pemilik perusahaan khusus Honda Camp menjelaskan. Cicuna. , Bekasi. Dari segi fitur cukup bagus saat itu, power windows, power mirror, defogger dan full AC cruise.

Namun dalam hal harga, model Honda City 2000 memiliki harga yang lebih baik dibandingkan dengan sedan entry level 1500cc seperti Suzuki Baleno Millennium, Toyota Soluna, Hyundai Accent, dan Timor S515i. Di pasar mobil bekas, harga Honda City Type Z dengan syarat PPh masih berkisar Rp 49-55 juta.

Baca Juga:  Toyota Raize Hybrid Dan Daihatsu Rocky Hybrid Ditarik Dari Pasar Akibat Skandal Uji Tabrak

Namun sebelum membeli Honda City Type Z sebaiknya teliti, cek kondisi sasis dan pengoperasiannya, karena pada beberapa kasus Honda City Type Z sudah mulai berkarat. Agar pengendaraan tetap sejuk, buat kaki-kaki nyaman, mulai dari sambungan bola, semak-semak, dan peredam kejut.

Sedangkan penyakit Honda City Type Z di bagian dalam adalah penggunaan material yang kurang baik, sehingga banyak pemilik City Z yang banyak melakukan pemasangan pintu.