Fungsi Inreyen Motor Baru Bikin Bensin Awet

DAPURPACU.COM – Saat membeli sepeda motor baru dari dealer, biasanya tenaga penjual atau pihak dealer akan menyarankan kamu untuk melakukan inreyen terlebih dahulu. Inreyen atau yang disebut juga dengan break-in ialah proses adaptasi bagi sepeda motor. Berbagai komponen motor yang masih baru akan saling bergesekan dan menyesuaikan fungsi masing-masing.

1. Pentingnya inreyen

Maka dari itu, proses inreyen sebaiknya jangan disepelekan. Karena inreyen menjadi masa penting untuk membuktikan apakah sepeda motor yang baru kamu beli dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Inreyen juga membantu membersihkan mesin dari sisa-sisa proses perakitan, yang mungkin saja menyisakan gram-gram di dalam mesin. Itulah alasan motor yang sedang inreyen biasanya diwajibkan mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer pertama.

2. Bikin Mesin Awet

Alasan penting lainnya untuk melakukan inreyen motor baru, tentu saja agar mesin motor lebih awet dan masa pakainya menjadi lebih panjang. Selain mesin, kamu juga bisa mengetahui kinerja komponen-komponen lain di motor seperti suspensi, roda, pengereman, maupun lampu-lampu untuk memastikan semuanya sudah bekerja dengan normal.

3. Cara Inreyen Motor Baru

Berikut cara melakukan inreyen sepeda motor baru dengan tepat dan benar.

  • Pastikan semua komponen di sepeda motor sudah terpasang dengan baik dan benar, tidak ada yang rusak ataupun kurang dipakai saat berkendara.
  • Lalu kamu bisa melakukan dengan memanaskan mesin sepeda motor terlebih dahulu, dengan durasi 5 menit. Dengan memanaskan mesin motor terlebih dahulu, oli di dalam mesin akan mulai bersikulasi ke seluruh komponen dalam mesin yang membuatnya menjadi lebih sangat awet.
  • Hindari putaran mesin serta kecepatan tinggi saat sedang melakukan inreyen sepeda motor, setidaknya sampai 500 kilometer pertama.
  • Jangan membawa beban terlalu banyak saat melakukan inreyen sepeda motor, beban yang terlalu berat tentunya akan membuat kinerja motor jadi lebih keras dan bisa mengurangi usia pakai mesin kendaraan.
  • Adaptasi dengan sepeda motor. Pastikan kamu sudah mendapatkan posisi riding yang pas untuk mengendarai motor. Hal ini bertujuan untuk kenyamanan selama riding.
Baca Juga:  Honda Lead 125 Skutik Bergaya Elegan Yang Dijual 25 Jutaan