Ford Mustang Gtd, Mobil Balap Legal Jalan Raya

dapurpacu.com – Ford baru-baru ini merilis Mustang GTD. Mobil sport ini legal di jalan raya, namun sebenarnya memiliki spesifikasi seperti mobil balap. CEO Ford Jim Farley mengatakan ini adalah pendekatan baru bagi Ford.

Pabrikan asal Amerika Serikat ini tidak membuat mobil jalanan untuk balapan di lintasan, melainkan membuat mobil balap untuk jalan raya.

“Mustang GTD mengambil teknologi balap dari mobil balap Mustang GT3 kami, membungkusnya dengan bodi serat karbon Mustang dan membawanya ke jalanan,” kata Farley, seperti dikutip Paultan.org, Kamis (24/8/2023).

Untuk klarifikasi, nama \’GTD\’ mengacu pada kelas balap IMSA GTD untuk mobil yang dibuat berdasarkan peraturan teknis FIA GT3. Mustang GTD dijadwalkan mulai dijual pada akhir tahun 2024 untuk model tahun 2025. Mobil sport ini akan diproduksi dalam jumlah terbatas dengan harga mulai USD 300.000 atau sekitar Rp 4,5 miliar.

Mustang GTD dibuat di Flat Rock sebelum dikirim ke Multimatic di Markham, Kanada. Perusahaan ini merupakan mitra Ford, yang membuat Ford GT dan mobil pesaing lainnya.

Ford membekali mobil ini dengan mesin 5.2L turbocharged dalam konfigurasi V8. Mesinnya disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 800 tk.

Untuk mendapatkan tenaga sebesar itu, mesin Mustang mengalami modifikasi, termasuk pada sistem pemasukan udara dan pelumasan.

Dengan beberapa penyesuaian, putaran mesin bisa mencapai lebih dari 7.500 rpm dan dipadukan dengan sistem knalpot aktif titanium, cukup menakutkan.

Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transaxle kopling ganda 8 kecepatan dengan poros penggerak serat karbon untuk distribusi bobot mendekati 50:50.

Mustang GTD juga dilengkapi suspensi semi aktif yang dapat mengubah kecepatan pegas dan ketinggian pengendaraan mobil.

Suspensinya juga mengalami penyempurnaan sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara. Ford juga membuat mobil seringan mungkin dengan banyak bagian mengandalkan material serat karbon seperti kap mesin, spatbor, pengganti tutup bagasi, kusen pintu, splitter depan, diffuser belakang, dan atap.

Selain ringan, desainnya tentu saja sangat aerodinamis menjadi daya tarik utama pengembangan GTD.

Komponen baru yang menonjol termasuk splitter depan, kap mesin berventilasi, dan spatbor depan. Untuk semakin mempertegas kehadirannya, Ford juga menawarkan sayap belakang aktif yang dipasang pada pilar C yang dioperasikan secara hidrolik.

Baca Juga:  Chery Menambah Varian SUV di Pasar Indonesia