Coba Mudik Idul Fitri 2023 dengan sepeda

Sepeda bisa menjadi kendaraan lain memasuki lebaran utama 2023, saat dua penumpang melintasi jalan raya dari Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu, 16 April 2023.

Mereka adalah Frans dari Cikarang, Jawa Barat dan Widodo dari Solo, Jawa Tengah. “Setiap tahun pulang naik sepeda, jadi sudah menjadi ritual kami (pulang),” kata Frans saat ditemui di Cirebon.

Frans sangat suka bersepeda. Ia bergabung dengan komunitas bersepeda. Frans pulang ke Widodo. Menurut Widodo, butuh waktu tiga hari untuk mencapai Solo. Frans dan Widodo selalu berangkat pukul 05:30 WIB dan berjalan hingga pukul 18:00. Mereka beristirahat di kota terakhir.

dapurpacu.com

Keduanya membawa barang-barang sederhana, seperti ban dalam, kunci-T, beberapa pakaian cadangan, dua botol air, helm, kacamata hitam, jaket atau mantel tipis, atasan, sarung tangan, sepatu, dan kaus kaki panjang. Menurut Frans, warna cerah pada seragam tersebut sangat berguna untuk keselamatan berkendara truk, mobil, dan motor di jalan Lebaran 2023 yang akan datang kembali.

“Warna bajunya harus cerah agar terlihat (pebalap lain),” kata Frans. Widodo mengungkapkan, dukungan lainnya adalah memastikan sepeda dalam kondisi prima saat akan kembali mudik Lebaran 2023. Kondisi fisik juga didukung selama tiga bulan sebelum pulang kampung dan olahraga one way 100km – kembali dalam satu minggu. Biaya bersepeda mencapai Rp 1 juta per orang, sudah termasuk akomodasi dan makan serta perjalanan tiga hari ke Solo.

Baca Juga:  3 Mobil Model Terbaru Pada Tahun 2023