Bocoran Harga Mobil Listrik Pertama Xiaomi

DAPURPACU.COM – Meski telah meluncur di China, namun harga resmi Xiaomi SU7 masih belum diumumkan. Sebab, kendaraan listrik pertama pabrikan itu baru akan dijual pada awal tahun depan. Sebelumnya, ada rumor yang menyebut Xiaomi SU7 akan dibanderol cukup terjangkau. Bahkan, harganya disebut-sebut bakal berada di bawah produk-produk lain sekelasnya.

Saat presentasi produk, Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun memberikan sedikit bocoran soal harga jual Xiaomi SU. Dia memastikan, kendaraan itu tak semurah yang banyak orang kira.

Menurut sejumlah bocoran, Xiaomi SU7 versi terendah akan dibanderol dengan 300 ribu yuan atau Rp 650 jutaan. Sementara produksi massal akan dimulai pada kuartal pertama tahun depan. Namun, sekali lagi angka itu masih sekedar perkiraan.

Xiaomi U7 merupakan mobil yang telah dikembangkan sejak dua tahun yang lalu. Kendaraan tersebut di rancang khusus Li Tianyuan yang pernah mendesain mobil-mobil BMW seperti BMW i Vision Circular concept, BMW iX dan the new 7 series. Li dibantu James Qiu yang sebelumnya bekerja untuk Mercedes-Benz.

SU7 merupakan sedan sporty dengan sentuhan futuristis di sejumlah bagian. Tampilan kendaraan itu seperti perpaduan antara Porsche Taycan Turbo dengan Tesla Model 3 dan S.

Xiaomi SU7 diklaim punya aerodinamika tinggi depan koefisien drag hanya 0,195 Cd. Nominal tersebut jauh lebih rendah dibandingkan mobil listrik lain yang telah diproduksi. Namun, perlu dicatat angka itu dihitung tanpa keberadaan lidar.

Secara dimensi Xiaomi SU7 punya panjang 4.997 mm, lebar 1.963 mm dan tinggi 1.455 mm. Sementara sumbu rodanya 3.000 mm dengan bagasi besar yang kapasitasnya mencapai 517 liter. Xiaomi SU7 hadir melalui dua varian berbeda, yakni standard dan Max.

Baca Juga:  Chery Omoda 5 Mendapatkan Bintang 5 Paling Aman Mendapatkan Pengujian Ancap

Pada varian standar, pabrikan membekalinya dengan mesin V6 berpenggerak roda belakang yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 220 Kw dan torsi 400 Nm. Pembekalan tersebut membuat mobil mampu melesat dari nol ke 1000 kpj dalam 5,2 detik.

Sedangkan untuk varian Max mesinnya berpenggerak semua roda (all wheel drive) dengan dual motor yang mampu menghasilkan tenaga 425 Kw dan torsi 838 Nm. Sementara untuk berakselerasi dari nol ke 100 kpj hanya perlu waktu 2,7 detik.

Xiaomi SU7 varian standard dengan menggunakan baterai 73.6 kWh dengan jarak tempu maksimum 668 km. Kemudian untuk varian Max baterainya 101 dengan jangkauan 800 km.