5 Ciri Mobil Boros Bensin Cek Pada Knalpot Mobil

DAPURPACU.COM – Mobil keluaran terbaru biasanya lebih irit. Sebab, pabrik kini telah mengadaptasi teknologi yang bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi efisien. Namun, efisiensi bahan bakar bisa menurun seiring dengan usia mobil. Apalagi jika mobil tersebut tidak rutin dirawat. Nah, berikut ciri mobil boros bensin yang bisa diketahui.

1. Asap knalpot berwarna hitam

Asap knalpot yang berwarna hitam merupakan pertanda adanya masalah pada karburator. Umumnya, kasus ini diakibatkan dari sumbatan pipa kecil yang membuat aliran bahan bakar terganggu. Jika terus dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien, sehingga bisa merusak komponen mesin lain.

2. Suara mobil berisik

Jika kamu mulai mendengar suara mesin mobil yang berisik dan kasar, bisa dipastikan ada masalah pada mesin mobilmu. Tidak hanya membuat bahan bakar menjadi tak efisien, tetapi akan berdampak pula pada kinerja kendaraan. Misalnya saja, membuat katup bensin longgar.

3. Pedal gas sulit diinjak

Kendala dalam menginjak gas juga dapat menjadi ciri mobil boros bensin. Terkadang hal ini terjadi, karena filter udara tersumbat kotoran dan debu, sehingga kamu harus sering membersihkannya. Jika tidak, injakan pedal gas yang berlebihan, justru akan membuat bahan bakar kendaraanmu cepat habis.

4. Pemakaian pelek yang tidak sesuai standar

Apakah tarikan mobilmu terasa berat? Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh penggunaan eksterior mobil yang tidak sesuai standar, seperti pelek yang terlalu besar. Hal ini juga merupakan ciri mobil boros bensin.

Pelek yang tidak sesuai standar dapat membuat komponen mobil lainnya bekerja lebih berat dari biasanya. Kondisi inilah yang menjadi salah satu penyebab bahan bakar cepat habis.

5. Aroma bahan bakar menyengat

Kamu perlu berhati-hati jika aroma bensin terus tercium. Bau bahan bakar yang terlalu menyengat dapat menjadi indikasi adanya kebocoran pada tangki bensin. Hal ini bisa mengakibatkan penurunan bahan bakar secara drastis.  Jangan tunggu sampai mobilmu bermasalah untuk membawanya ke bengkel. Servis secara berkala setiap enam bulan sekali, agar konsumsi bensin mobil tetap irit.

Baca Juga:  Suzuki XL7 juga akan menggunakan teknologi hybrid tahun ini