Suzuki Sui 125 Menampilkan Gaya Retro Satu Tipe Dengan Yamaha Fazzio Dan Honda Scoopy

DAPURPACU.COM – Honda dan Yamaha patut waspada. Salah satu produk Suzuki yakni, Suzuki Sui 125, sangat mirip dengan Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy. Suzuki Sui 125 sudah hadir di Taiwan dan laku keras disana.

Bukan tidak mungkin motor ini diboyong ke Indonesia. Suzuki Sui 125 menampilkan gaya retro yang memunculkan nuasa klasik. Satu tipe dengan Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy. Desain Suzuki Sui 125 berhasil memikat banyak mata dengan sentuhan yang mengingatkan pada era motor roda dua tahun 90-an.

Suzuki Sui 125 menunjukkan ciri unik melalui penampilan depannya yang memiliki desain kotak dan bodi tampak kokoh. Perlu diketahui Sui merujuk kepada Suzuki Urban Icon. Memiliki karakteristik yang berbeda dari Suzuki lainnya, seperti Saluto yang mengusung desain gaya skuter Eropa.

Insiprasi desan Sui 125 sebenarnya terinspirasi dari gaya skutik klasik Jepang. Tetap dilengkapi dengan fitur-fitur modern seperti lampu depan LED dan sistem pengereman cakram. Namun, sistem kunci motor masih bersifat konvensional, dan speedometernya tetap dalam format analog.

Sui 125 ditenagai oleh mesin SEP (Suzuki Eco Performance) berkapasitas 124 cc, 4-tak berpendingin udara mirip dengan yang digunakan di Saluto. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 8,84 hp pada 7.000 rpm dan torsi sebesar 9,6 Nm pada 6.000 rpm.

Suzuki terbaru ini dirancang untuk pasar entry level di taiwan, dengan harga yang sangat terjangkau. Tersedia dalam lima pilihan warna menarik seperti Sherbet Blue, Permesan White, Sea Salt Grey, Gooseberry Black, dan Fondant Orange. Harganya sekitar Rp 28 juta per unit atau sekitar 56.700 dollar Taiwan.

Secara desain Suzuki Sui 125 sangat menarik. Lampu depannya berbentuk persegi, mirip dengan Vespa S 125 atau Sprint. Lampu sein yang dipasang dibagian bawah sayap juga memiliki desain kotak yang unik, memberikan sentuhan retro yang khas pada motor ini.

Terlihat bahwa Suzuki sangat fokus menerapkan konsep era 1990-an pada Suzuki Sui 125. Motor ini memiliki suspensi depan teleskopik dengan karet pelindung travel (gaiter) untuk melindungi dari debu dan kotoran. Selain itu peredam kejut belakang dapat disetel ke tiga tingkat ketinggian yang berbeda.

Fitur lain yang mencirikan gaya klasiknya adalah penggunaan speedometer dan indikator kendaraan analog, tanpa adanya elemen digital pada panel meternya. Tentang kemungkinan Suzuki Sui 125 hadir di Indonesia, masih banyak yang belum jelas.

Baca Juga:  Holiday Fun Drive 2023 Menambahkan 13 Kendaraan Baru Dan Perlombaan Ekonomi

Jika motor ini harus diimpor, harga jualnya mungkin tidak bersaing di pasar Indonesia yang sudah penuh dengan skutik retro lainnya. Meskipun begitu, dengan desain menarik dan spesifikasi yang bagus, Suzuki Sui 125 memiliki potensi menjadi pesaing kuat di segmen tersebut.

Terutama jika pabrikan dapat menawarkan harga yang bersaing dan fitur yang sesuai dengan selera konsumen Indonesia.

Adapun kelebihan skutik pada umumnya, antara lain :

Kemudahan Penggunaan

Salah satu kelebihan utama skutik adalah kemudahan penggunaannya. Skutik dilengkapi dengan transmisi otomatis, sehingga tidak perlu lagi mengganti gigi secara manual.

  • ¬†Desain Ringkas dan Ringan

Skutik biasanya memiliki desain yang lebih ringkas dan ringan dibandingkan dengan sepeda motor konvensional. Hal ini membuatnya mudah untuk manuver di dalam lalu lintas perkotaan yang padat. Dikarenakan ukuran yang lebih kecil juga memudahkan parkir di ruang terbatas.

  • Efisiensi Bahan Bakar

Sebagian besar skutik dilengkapi dengan mesin yang lebih kecil dibandingkan sepeda motor konvensional. Hal Ini berarti konsumsi bahan bakarnya lebih efisien, sehingga konsumen dapat menghemat uang di pompa bensin. Efisiensi ini juga mengurangi emisi gas buang yang merugikan lingkungan.

  • Kinerja yang Baik di Trafik Kota

Skutik biasanya memiliki akselerasi yang baik, membuatnya ideal untuk menghadapi lalu lintas perkotaan yang sering berhenti-start. Dapat dengan mudah menyalip kendaraan lain dan bergerak cepat di antara kendaraan lainnya.

  • Kenyamanan Berkendara

Sebagian besar skutik dirancang dengan kenyamanan pengendara dalam pikiran. Motor skutik memiliki tempat duduk yang luas, suspensi yang baik, dan ruang penyimpanan yang nyaman di bawah jok. Hal ini membuatnya cocok untuk perjalanan jarak pendek atau jarak menengah.

  • Aksesoris dan Fitur Modern

Banyak model skutik modern dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti rem cakram, sistem anti-lock brakes (ABS), lampu LED, dan panel instrumen digital. Mereka juga dapat disesuaikan dengan berbagai aksesoris seperti kotak penyimpanan tambahan, windshield, dan lainnya.

  • ¬†Harga Terjangkau

Sebagian besar mortor Suzuki memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan sepeda motor sport atau cruiser. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi banyak orang yang mencari kendaraan pribadi yang ekonomis.