PT Toyota Astra Meluncur King Yaris Cross Yang Dijuluki “World Premiere of Toyota’s New Urban Icon”

PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan King Yaris Cross baru di Indonesia pada Senin (15/5/2023). Crossover SUV tersedia dalam berbagai varian yaitu Internal Combustion Engine (ICE) dan Hybrid. Pabrikan asal Jepang itu menghadirkan Yaris Cross yang disebut sebagai “World Premiere of Toyota’s New Urban Icon” di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (15/5/2023).

“Hari ini kami membawakan Anda model Toyota SUV baru. Produknya juga tersedia dalam versi elektrik,” kata Hiroyuki Ueda, CEO PT Toyota Astra Motor (TAM) saat peluncuran di Hotel Westin, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/5/2023).

Mobil baru yang dimaksud adalah All New Yaris Cross. Mobil tersebut ditawarkan dengan Dynamic Force Engine dengan kode 2NR-VE yang memiliki kapasitas 78 kW dan torsi 138 Nm. Model bensin ini ditawarkan dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Sedangkan Yaris Cross berteknologi hybrid menggunakan motor berkode 2NR-VEX yang mampu menyemburkan tenaga 67kW dan torsi 121Nm dengan tambahan baterai lithium-ion sedangkan motor listriknya memiliki output 59kW dan torsi 141 Nm. Khusus untuk versi hybrid hanya tersedia transmisi CVT. New Yaris Cross akan diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal 80%. Awalnya, mobil tersebut diproduksi di Jepang dan Prancis dan dijual untuk pasar Eropa dan Australia sejak tahun 2020. Mobil tersebut didesain menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) GA-B yang juga digunakan pada Sienta dan Yaris generasi baru untuk pasar Eropa.

Di Indonesia, mobil ini akan bersaing dengan Honda HR-V hingga Mazda CX-3. Senior Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto menjelaskan harga Yaris Cross di bawah Rp 500 juta. Mobil ini akan bertarung dengan semi-SUV. “Harga sebenarnya akan ditentukan di informasi pasar. Saya berikan mulai dari Rp 300 juta ke atas hingga Rp 400 juta ke atas,” kata Henry Tanoto.

Baca Juga:  Honda CR-V Hybrid di Diatas Rp 700 Jutaan, Untuk Varian Turbo Segini