Pilihan EV Terbaru di Pasar Lokal Dengan Harga Rp400 Juta

DAPURPACU.COM – Kehadiran berbagai model dan merek listrik di Tanah air kini semakin beragam konsumen tidak hanya mempertimbangkan soal harga juga hal lain seperti teknologi, daya angkut, kemampuan jarak tempuh hingga fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kebutuhan mobilitas yang tinggi di kota-kota besar akhirnya memaksa para pabrikan menghadirkan kendaraan listrik yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Namun salah satu pertimbangan utama saat ini membeli mobil listrik adalah soal harga, yang belum bisa dibilang murah. Berikut kami hadirkan deretan kendaraan listrik terjangkau dengan dukungan teknologi canggih, okupansi yang cukup serta kaya akan fitur modern.

Wuling BinguoEV

Pabrikan yang satu ini bisa disebut sebagai salah satu pemain besar di segmen elektrifikasi khususnya kendaraan listrik. Pada tahun lalu, Wuling BinguoEV resmi dirilis dengan banderol sekitar Rp400 jutaan untuk konsumen Tanah Air. Beberapa hari berselang, Pemerintah memberikan insentif Wuling Binguo karena telah memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri lebih dari 40% sehingga harga melorot dibawah Rp400 jutaan.

Wuling BinguoEV hadir dalam dua pilihan varian yakni Long Range dengan kemampuan jarak tempuh mencapai 333 km sekali pengisian daya. Serta varian Premium Range yang mampu diajak berjalan sejauh 410 km dengan sekali pengisian daya penuh. Kini pabrikan membanderol Wuling Binguo dengan harga mulai dari Rp326 juta-372 jutaan setelah mendapat subsidi dengan garansi baterai seumur hidup.

Soal kelengkapan, Wuling BinguoEV sendiri memiliki kapasitas hingga 5 orang penumpang dengan tambahan ruang bagasi yang bisa menampung beberapa barang bawaan. Di dalamnya terdapat layanan hiburan yang lengkap seperti layaran sentuh berukuran 10,25 inci dengan multifunction steering wheel. Pabrikan juga memastikan Wuling Binguo sudah bisa menggunakan pengisian daya mode DC (fast charging).

Neta V (Rp379)

Pendatang baru yang satu ini bisa jadi pertimbangan car enthusiast yang mencari kendaraan listrik kompak untuk mobilitas di dalam kota. Ia punya desain yang cukup modern dan mampu menampung lima orang penumpang dengan ruang bagasi di bagian belakang. Baterai berkapasitas 40,7 kWh yang ditanamkan pada Neta V bisa membawanya berjalan sejauh 401 km dengan sekali pengisian daya penuh. Bahkan, Neta V juga bisa diisi menggunakan mode ultra fast charging dengan daya maksimal 100 kW.

Baca Juga:  Toyota Agya 2023 Diperkenalkan, Usung Platform dan Mesin Baru

Di dalamnya kita akan disuguhkan dengan layar vertikal berukuran 14,6 inci yang berfungsi sebagai pusat kontrol dari seluruh fitur di dalam kabin seprti AC, pemutar musik, headlight hingga mode berkendara. Bahkan Neta V juga menyediakan sejumlah fitur pengendaraan semi otonom seperti Cruise Control dan Electronic Stability Program untuk kondisi jalan yang dinamis. Pabrikan memasarkan Neta V dalam satu pilihan varian dengan banderol mulai dari Rp379 jutaan on the road.

Citroen e-C3 (Rp 345 juta)

Pada perang kendaraan listrik di segmen entry level, hadir pula pabrikan dari Eropa, yakni Citroen e-C3 yang dirilis pada GIIAS 2023 lalu dengan banderol Rp395 juta. Dilihat dari eksteiornya ia memiliki desain serupa dengan model bensinnya yang lebih dulu dipasarkan di Tanah Air. Namun terdapat pembeda di beberapa bagian seperti fascia depan yang hadir tanpa kisi-kisi grille serta aksen biru yang memberikan identitas listrik pada e-C3. Di dalamnya kita akan disuguhkan dengan gaya city car pada umunya serta dominasi warna hitam yang membungkus seluruh jok dan beberapa bagian kabin.

Citroen e-C3 dibekali dengan baterai lithium phosphate atau LFP dengan kapasitas 29,2 kWh yang mampu diajak berjalan sejauh 320 km. Di atas kertas, ia mampu memproduksi tenaga maksimal 57 hp dengan torsi puncak yang mencapai 143 Nm. Sementara itu, untuk kecepatan maksimalnya Citroen e-C3 berada di angka 170 km/jam namun itu sudah kebutuhan mobilitas di dalam kota.