Pembalap reli Craig Breen meninggal karena kecelakaan, ini adalah karirnya

Pembalap Kejuaraan Reli Dunia (WRC) Hyundai, Craig Breen, meninggal dalam kecelakaan saat sesi latihan menjelang seri WRC Kroasia pada Kamis, 13 April 2023, The Irish Times melaporkan.

Craig Breen adalah sprinter Irlandia. Menurut EuroSports, ia lahir di Waterford pada 2 Februari 1990. Ia telah mengikuti World Rally Championship (WRC) sejak 2012. Dia juga berkompetisi di European Rally Championship (ERC) dan Irish Tarmac Rally Championship.

Menggambarkan WRC, Breen memulai karir balapnya pada tahun 2007. Pada tahun 2009 ia memenangkan Trofi Olahraga Fiesta Irlandia. Dia maju ke kelas Super 2000 dan memenangkan kejuaraan SWRC pada tahun 2012. Pada tahun 2010 ia finis kedua di Irish Tarmac Championship di Fiesta S2000 dan meraih kemenangan pertamanya di British Championship di Ulster Rally. Breen melanjutkan dengan Akademi WRC pada tahun 2011, memenangkan gelar Fiesta R2 setelah kemenangan di Jerman dan Inggris. Musim berikutnya dia memenangkan gelar SWRC di Fiesta S2000 setelah empat kemenangan kelas.

dapurpacu.com
Peugeot mengontrak Breen untuk memimpin Kejuaraan Reli Eropa pada 2013 dengan 207 S2000. Lapangan olahraga lima berada di urutan ketiga dalam klasemen dan Breen juga telah memulai pekerjaan pengembangan pada mobil 208 T16 buatan Prancis. Pada 2014 Breen mengendarai mobil baru di ERC, meski memenangkan Reli Acropolis di Yunani, masalah mekanis membuatnya tetap berada di urutan ketiga dalam kejuaraan. Peristiwa ambisius menyusul pada tahun 2015 dengan kampanye yang disponsori Peugeot di WRC2 dan ERC. Dia meraih tiga kemenangan ERC dan kehilangan gelar, tapi itu cerita yang berbeda di WRC2. Masalah mekanis mencegahnya lagi dan mengakhiri musim kedelapan.

Pada tahun 2016, Breen berkesempatan untuk berkompetisi di level tertinggi WRC dengan mengendarai mobil DS 3 World Rally dalam beberapa warna untuk Abu Dhabi Total World Rally Team. Dia memanfaatkan peluangnya, terutama di Finlandia. Dia berhasil mendapatkan tempat ketiga. Breen dipekerjakan di pabrik Citro├źn. Dia berhasil mendapatkan posisi terbaik kedua Swedia pada tahun 2018, tetapi kehilangan kursinya di akhir musim. Dia diselamatkan oleh Hyundai Motorsport dan finis kedua di Estonia dan yang kedua dari dua balapan pada tahun 2020.

Baca Juga:  Bradl menggantikan Marquez saat Mir kembali ke MotoGP Austin

Musim 2022, Breen memulai dengan kuat dari podium di Rallye Monte-Carlo, tetapi jadwal sepanjang tahun menghalangi dia untuk mencapai hasil yang dia harapkan bersama tim. Dia telah memutuskan untuk kembali ke Hyundai untuk musim kedua bersama tim Alzenau.