Motor Listrik EV-Scooter Hemat Energi Menempuh Jarak Jauh

DAPURPACU.COM – Pada akhir Desember 2023 PT Pindad mengenalkan skuter elektrik konsep. Lokasinya tepat di lapangan Divisi Kendaraan Khusus Bandung. Seremoni kendaraan purwarupa bernama EV-Scooter ini disaksikan jajaran Direksi PT Pindad Enjiniring Indonesia (PT PEI), VP & GM serta karyawan perseroan. Kalau dipandang, dimensinya terbilang kompak untuk mobilitas perkotaan.

EV-Scooter memiliki panjang 2.012 mm, lebar 780 mm, tinggi 1.230 mm, jarak sumbu roda mencapai 1.366 dan ground clearance 190 mm. Menurut Pindad, ia merupakan motor listrik hemat energi ditenagai BLDC 3 kW, menggunakan baterai 72 V 36 Ah. Untuk pengisian lewat daya (setrum AC) hingga penuh butuh waktu 2-3 jam. Selanjutnya kendaraan dapat menempuh jarak hingga 100 km dalam satu kali pengisian. Lalu kendaraan sanggup bergerak maksimal 70 km/jam.

Wakil Direktur Utama PT Pindad, Syaifuddin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih serta apresiasi bagi seluruh karyawan. Yakni di setiap divisi perusahaan atas segala kontribusi sepanjang 2023. Ia berharap agar seluruh entitas di PT Pindad terus semangat menghadapi 2024. Setelah membuka seremoni, acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian EV-Scooter oleh Direktur Teknologi & Pengembangan, Sigit P. Santosa.

Kemudian dalam turut dijelaskan, EV-Scooter ini merupakan salah satu produk hasil inovasi PT Pindad. Skuter listrik ini ditargetkan untuk diproduksi secara massal dan dalam prosesnya bekerja sama dengan PT PEI. “Alhamdulillah teman-teman PT PEI bekerja sama dengan PT Tangkas Elektrik sudah bisa mendukung mass production ini selain untuk assembly. Tetapi kami libatkan dalam proses pengembangan produk bersama dengan divisi Inovasi Pindad. Untuk supply chain manufacturing sepenuhnya di PT PEI. Dengan diluncurkannya EV-Scooter. Maka pada Januari 2024 ini kami bisa segera mendapatkan kontrak & produksi massal,” jelas Sigit P. Santosa, dalam keterangan resmi.

Baca Juga:  Pertandingan Sengit Antara Martin Dan Bagnaia Di Garis Finis MotoGP Jerman 2023