Motegi Asia Talent Cup: Veda Ega Pratama Menangkan Duel Melawan Lima Pembalap Jepang

Dapurpacu.com – Balapan pembuka Idemitsu Asia Talent Cup dimenangkan oleh pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama pada Sabtu, 30 September 2023, di Sirkuit Twin Ring Motegi Jepang.

Kemenangan pemuda Gunung Kidul ini terbilang luar biasa karena langsung diserbu lima pembalap Jepang pada ronde pertama (dari total 14 ronde).

Meski demikian, pebalap Tim Balap Astra Honda itu menunjukkan konsistensi dan mampu menjaga laju hingga bendera kotak-kotak dikibarkan.

rute balapan

https://dapurpacu.com/

Mengawali balapan di posisi keenam, Veda mengawali balapan dengan baik. Veda terdorong naik ke posisi keempat tepat setelah tikungan pertama. Di Tikungan 1, empat peserta terlibat tabrakan. Reykat Fafillah dari Tim Balap Astra Honda adalah salah satunya.

Di babak kedua, kuartet terdepan terdiri dari Ezawa, Mitani, Ogiwara, dan Veda.

Veda menyalip Mitani di lap keempat untuk menempati posisi ketiga. Beberapa saat kemudian, Veda mengambil giliran Ogiwara. Kini di posisi kedua, tepat di belakang Ezawa, ada pembalap asal Gunung Kidul.

Upaya Veda menyalip tiga pebalap tuan rumah yang mendominasi barisan depan mendapat tentangan sengit.

Posisi depan sering berpindah-pindah antara Veda, Ogiwara, dan Mitani.

Namun Veda tampak mampu mempertahankan keunggulannya dan memimpin hingga lap ketujuh.

Tercatat, ada tujuh pembalap di grup terdepan dan masing-masing berpeluang membawa pulang trofi juara. Negara tuan rumah, Jepang, memiliki lima pembalap di antaranya.

Veda mampu menyalip Odaki saat balapan tersisa delapan lap.

Saat melewati Odaki di Sirkuit Twin Ring Motegi dari luar tikungan cepat menuju terowongan ternama, Veda menunjukkan kemampuan manuver yang sangat baik.

Veda mampu memperkecil jarak antara dirinya dengan Mitani dan Odaki selama enam ronde terakhir.

Duel sengit pun terjadi antara pebalap Jepang di posisi dua hingga enam saat Veda memimpin. Laju Veda semakin tak terbendung di posisi teratas berkat peluang ini.

Baca Juga:  Tidak Ingin Di Samakan, Pedro Acosta Mencibir Aksi Marc Marquez Pergi Dari Honda

Perbedaan antara Weda dan kelompok kedua semakin meluas dan kini melebihi satu detik.

Odaki, Ezawa, Mitani, dan Ogiwara terlibat dalam perlombaan sengit melawan satu sama lain di waktu yang bersamaan.

Veda saat ini memegang posisi teratas klasemen Asia Talent Cup 2023 dengan total 70 poin, disusul Riichi Takahira (55 poin), Zen Mitani (52 poin), Ryota Ogiwara (36 poin), dan Amon Odaki (29 poin). di lima posisi teratas.